Peringatan 1 Muharram Di Makam Syeh Baribin Kebumen - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


25 September 2018

Peringatan 1 Muharram Di Makam Syeh Baribin Kebumen


KEBUMEN, suarakpk.com - Peringatan 1 Muharram atau lebih dikenal dengan istilah Malam 1 Syuro ini bagi Orang Jawa, masih diyakini sebagai malam keramat dan malam penuh barokah. Adalah Makam Syeh Baribin menjadi salah satu tempat Wisata Religius yang berada di Dukuh setana kunci, Desa Grenggeng, Kec.Karanganyar, Kab.Kebumen, masih di yakini sebagai Makam penuh berkah.

Seperti biasanya setiap tanggal 1 Muharram atau 1 Syuro Makam Syeh Baribin selalu ramai dikunjungi oleh Warga Masyarakat di Kab.Kebumen bahkan dari luar Kab.Kebumen. Ketika wartawan suarakpk mengunjungi dan menghubungi Ketua Panitia Pelaksaan peringatan Malam 1 syuro Kadir mengatakan, bahwa Agenda peringatan Malam 1 Syuro Makam Syeh Baribin yang berada di Desa Grenggeng tersebut di peringati setiap tahunya.

Hal tersebut kata Kadir selaku Ketua Panitia, acara tersebut adalah Tradisi turun temurun dari nenek moyang yg diadakan pada setiap tahunya pada tanggal 1 syuro.Tutur Kadir bahwa Syeh Baribin masih keterunan Kerajaan Brawijaya V. Acara tersebut lebih di kenal dengan Grebeg syuro dan diadakan pada setiap tahunya dengan tujuan untuk nguri-nguri dan menjaga kelestarian Budaya  yang punya nilai tinggi leluhur.

Kadir menyatakan, bahwa pelaksanaan acara Grebeg syuro tersebut diawali dengan bermain abid atau bermain api. Kemudian dilanjutkan dengan mengarak tumpeng robyong dan pusaka peninggalan nenek moyang dari depan Masjid Baiturahman sampai ke Makam Syeh Baribin yang berjarak kurang kebih 2 km. Hadir pada acara tersebut para tokoh Masyarakat dan para pinih sepuh, Muspika setempat, dan Warga Masyarakat.

Adapun para pengunjung bukan hanya lokal dari Kebumen saja akan tetapi juga dari luar Kebumen seperti dari Cilacap, Ciamis , Tasikmalaya, Bandung, Purbalingga, Banjarnegara dan Banyumas, dengan jumlah pengunjung tidak kurang dari 6000 orang. Setelah acara selesai banyak pengunjung yang menginap di makam Syeh Baribin.

Lebih lanjut kata Kadir terlebih pada bulan Sya'ban atau Ruwah, Makam Syeh Baribin juga di padati pengunjung sampai 5000 orang, dan pada dasarnya para pengunjung datang ke Makam Syeh Baribin bukan menyembah akan tetapi melakukan Tawasul dan Doa kepada Allah. (wasino/Red).

No comments:

Post a Comment