Bergodo Kodim 0729/Bantul Ikuti Festival Di Kasihan - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


07 August 2018

Bergodo Kodim 0729/Bantul Ikuti Festival Di Kasihan


BANTUL, suarakpk.com - Bregada Yudha Manggala Kodim 0729/Bantul tampil menawan dalam acara Festival Bregada Rakyat Kasihan di Madukismo Kasihan Bantul. Minggu (5/8) kemarin.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Bupati Bantul Drs. Abdul Halim Muslih, Pjs Danramil 03/Kasihan Kapten Inf Rajiko, Kapolsek Kasihan AKP Y. T. Nugroh, SH., Camat Kasihan Drs Susanto MPA, Lurah Desa se-kecamatan Kasihan, Dukuh se-kecamatan Kasihan dan masyarakat wilayah kasihan. Kegiatan ini di ikuti oleh seluruh elemen pedesaa  masyarakat wilayah kecamatan Kasihan. Dengan titik star dari kompleks madukismo menuju finis dilapangan tamantirto kasihan Bantul.

"Acara ini diselenggarakan dalam rangka nguri-uri kabudayan dan wujud pelestarian budaya kita. Festival ini juga bertujuan untuk meneladani sifat keprajuritan dan melestarikan budaya warisan leluhur kita."kata Camat Kasihan

Wabup Bantul Drs. Abdul Halim Muslih dalam sambutannya menyampaikan,"Bahwa kita memiliki budaya adiluhung yang diakui dunia dan ini merupakan soko guru kabudayan. Budaya bangsa adalah wujud karakter dan kedaulatan bangsa, mari kita kenalkan kepada anak-anak kita khuausnya, dan para pemuda bahwa bregada warisan budaya leluhur kita yang harus kita lestarikan dan kita jaga bersama."

Sementara itu Pjs Danramil 03/Kasihan Kapten Inf Rajiko mengatakan,"Bergada Yudha Manggala ini merupakan kesenian Prajurit Kodim 0729/Bantul sebagai bentuk keikutsertaan TNI AD, khususnya Satuan Kodim 0729/Bantul dalam melestarikan budaya serta menjaga kesenian dan budaya di Indonesia, seperti halnya Bergada ini."

Kegiatan Festival ini juga sebagai ajang lomba kreaktifitas dan kesengguhan masyarakat dalam menjaga budaya, dengan juara I diraih oleh Bregada Semar Seto Sidorejo Ngestiharjo, juara II diraih oleh Bregada Wirobayan Jeblok Tirtonirmolo, dan juara III Bregada Wirosobo Soboman Ngestiharjo.(pendim : sandi wira)

No comments:

Post a Comment