Kapolri Perintahkan Jajarannya Untuk Jalin Kerjasama Yang Baik Dengan Media Online, Netizen Dan Medsos - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


06 July 2018

Kapolri Perintahkan Jajarannya Untuk Jalin Kerjasama Yang Baik Dengan Media Online, Netizen Dan Medsos


JAKARTA, suarakpk.com - Keberadaan media online di Indonesia yang jumlahnya sekitar 3000-an sejak era reformasi ini sangat dibutuhkan sebagai pilar keempat negara, demikian dijelaskan oleh Irjen Pol Boy Rafli Amar, saat mewakili Kapolri dalam kegiatan silaturahmi dan kerja sama Kadiv Humas Polri dengan media online, di Gedung Divisi Humas Mabes Polri Jakarta pada April 2016 silam.

Diketahui, bahwa Divisi Humas Mabes Polri, sejak tahun 2016 lalu, telah mencoba untuk mengakomodir media-media online yang saat ini mulai menjamur di berbagai timeline sosial media. 
Keberadaan media-media yang selalu dijadikan oleh berbagai kantor, baik swasta maupun pemerintah, ataupun narasumber sebagai “anak tiri” namun tidak oleh lulusan Akpol 1988Setidaknya media online dianggap anak sendiri atau malah dijadikan anak angkat. Boy mengaku jika dirinya tidak menginginkan sama sekali atas perlakuan yang dilakukan oleh instansi lainnya. 
“Kita hilangkan persoalan mainstream dan non mainstream, karena semua media memiliki hak yang sama untuk mendapatkan informasi,” ujar Boy Rafli yang juga mengaku bersedia menjadi Pembina ataupun penasehat, apabila nantinya kelompok media online yang hari ini hadir dibentuk dalam satu wadah.
Menurut, perwira tinggi Polri yang sejak 18 April 2017 menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Papua, bahwa Media harus berperan aktif dalam mencegah konflik dan menciptakan tujuan negara sesuai UUD, serta menjadi pendamping pemerintah dalam hal membangun negeri kita tercinta ini.
Lebihlanjut, dijelaskannya, bahwa sebagaimana yang telah diperintahkan oleh Kapolri, Jenderal Tito Karnavian bahwa semua jajaran humas di seluruh kepolisian mulai dari Polda, Polres, hingga Polsek untuk menjalin kerja sama dengan seluruh media online yang ada di Indonesia.
Kerja sama itu dilakukan untuk mempercepat akses informasi kegiatan di Kepolisian serta memperkuat solidaritas kemitraan dengan media online sebagai sebagai bentuk profesionalisme dan revolusi mental Polri dalam mengawal kebijakan pemerintah.
Dijelaskan oleh Boy, kerja sama dengan media online tersebut dalam rangka membangun kepercayaan publik dan mencegah konflik melalui pemberitaan, mulai dari Polsek sampai jajaran tertinggi kepolisian. Kerja sama ini harus sejalan dan sesuai dengan aturan UU Pers No.40 tahun 1999 dan kode etik jurnalistik. 
“Kami berharap kerja sama dan kemitraan antara Polri dan media online ini terus ditingkatkan karena media online saat ini sangat berperan penting lebih cepat dan mudah akses publik, dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara. Kita prihatin, masih banyak situs/web yang mengembangkan isu Sara, Intoleran, Radikalisme serta anti NKRI.” ujarnya.
Boy menambahkan, jika Prioritas Program Kerja Kapolri PROMOTER yaitu Profesional, Modern dan Terpercaya akan menjadi lebih mudah tercapai dengan membangun hubungan yang positif dengan semua pihak.
"Pada era Informasi dan Komunikasi yang berkembang sangat cepat, maka sangat tepat Polri menjalin kerja sama yang baik dengan media online, netizen dan medsos,” pungkasnya. (001/red)

sumber : dikutip dari berbagai sumber media online.

No comments:

Post a Comment