Kapolres Blora : Pos Pengamanan Lebaran 2018 Mulai Beroperasi Hari Ini - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

07 Juni 2018

Kapolres Blora : Pos Pengamanan Lebaran 2018 Mulai Beroperasi Hari Ini


BLORA, suarakpk.com - Bupati Djoko Nugroho Pimpin langsung dalam Apel Gelar Pasukan Lintas Sektoral di halaman depan Mapolres Blora. Apel diikuti jajaran Forkopimda Blora, anggota Polres Blora, Batalyon 410/Alugoro, Kodim 0721/Blora, Sat Pol PP, BPBD, Pramuka, Dinrumkimhub dan Senkom, kemarin, Rabu (6/6/2018).

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan bahwa, stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan menjadi salah satu potensi kerawanan yang harus diwaspadai. Pada tahun 2017 yang lalu, secara umum stabilitas harga pangan dapat terjaga dan tidak terjadi kelangkaan bahan pangan.
“Hal itu dapat diwujudkan berkat kerjasama dari semua instansi terkait seperti Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Bulog, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), maupun Satgas Pangan Polri,” kata Bupati.

Sementara pada tahun ini, jelasnya, potensi permasalahan masih berkisar pada masalah distribusi pangan, upaya penimbunan oleh kelompok kartel/mafia pangan, maupun perilaku negatif pelaku usaha yang menaikkan harga di atas harga yang ditetapkan.

“Oleh sebab itu, diperlukan kerja sama dan langkah proaktif dari stakeholders terkait guna mengatasi hal ini,” tegasnya.

Di sisi lain, Kapolres Blora AKBP Saptono SIK, MH menjelaskan bahwa untuk kelancaran pengamanan lebaran, mudik dan balik, pihaknya menyiapkan ratusan personil.
“Kami kerahkan dua per tiga kekuatan untuk Operasi Ketupat candi 2018 ini. Pasalnya selain lebaran, mudik dan balik, juga bertepatan dengan liburan sekolah. Sehingga butuh pengamanan ekstra utamanya di tempat wisata dan pusat perbelanjaan,” jelas Kapolres AKBP Saptono SIK, MH.

Untuk Pos Pengamanan menurutnya akan mulai beroperasi hari ini, Kamis (7/6/2018) hingga Minggu (24/6/2018). Pos pengamanan ada di Blok T, Pos DX Hutan Sambong, Perempatan Ketapang Kantor Pos Cepu dan Wulung Randublatung. Sedangkan Pos pelayanan ada di Terminal Ngawen dan Alun-alun Blora.

“Jumlah personil yang diterjunkan di seluruh pos jumlahnya 160. Nanti juga bergabung dengan petugas dari Kodim, Satpol PP, Perhubungan, PMI, BPBD dan Pramuka,” lanjut Kapolres.

Terpisah, Kabag Ops Kompol Zuwono menyatakan bahwa ada beberapa hal yang akan menjadi sasaran dalam Operasi Ketupat Candi 2018.

“Sasaran operasi ada tiga golongan, yakni gangguan nyata, ambang gangguan dan potensi gangguan. Gangguan nyata ini misalnya aksi teror bom, pelanggaran lalu lintas, kemacetan lalu lintas, kecelakaan, uang palsu dan pencurian rumah kosong yang ditinggal mudik,” ucap Kompol Zuwono.

Sedangkan ambang gangguan adalah kelompok radikal, takbir keliling yang kerap menimbulkan potensi kecelakaan karena menggunakan bak terbuka. Kemudian kurangnya kesadaran berlalu lintas, peningkatan volume kendaraan hingga kerusakan jalan. Sehingga menurutnya perlu dikawal dengan patroli.

“Adapun sasaran berupa potensi gangguan diantaranya pengamanan tempat wisata, peningkatan harga sembako, pelaksanaan sholat idul fitri dan lainnya. Kita akan turunkan personil untuk pengamanan dan pelayanan seluruh kegiatan masyarakat,” pungkasnya. (Bambang/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)