Peringatan HANI Sedunia, BNN Malut Adakan Berbagai Lomba - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


30 May 2018

Peringatan HANI Sedunia, BNN Malut Adakan Berbagai Lomba


TERNATE, suarakpk.com - Dalam rangka Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) yang dilaksanakan di seluruh dunia termasuk di Indonesia dan digelar setiap tahun merefleksikan tentang perlawanan terhadap penyalahgunaan obat dan perdagangan gelap narkoba termasuk renungan terhadap banyaknya korban yang dan akibat penyalahgunaan Narkoba, selain itu bertujuan untuk memperkuat aksi dan kerjasama negara-negara di dunia untuk mencapai tujuan masyarakat internasional yang bebas penyalahgunaan Narkoba yang pelaksanaannya dimulai sejak tanggal 26 Juni Tahun 1998 oleh Sekjen PBB.

Kepala BNN Malut Dr. Benny Gunawan, SH, M. H menuturkan pada saat konfrensi pers di kantor di Kalumata Puncak Kota Ternate Selatan, Rabu (30/05/2018).

"Peringatan HANI Tahun 2018 ini mengangkat tema Internasional "Lets Develop our Lives, our Communities, Our ldentities Wthaout Drugs", yang dapat diartikan "Mari Bersama Membangun Kehidupan Kita, Masyarakat Kita, Identitas Kita Tanpa Narkoba","katanya.

Sedangkan Tema HANI 2018 yang digunakan Badan Narkotika Nasional adalah "Menyatukan dan Menggerakan seluruh kekuatan Bangsa dalam perang melawan narkoba untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat tanpa narkoba "Dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI)  di Indonesia yang puncak acaranya jatuh pada tanggal 11 Juli 2018, secara terpusat dilaksanakan di Balai Besar Rehabilitasi Lido Bogor

Jawa Barat yang dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia.

"Pelaksanaan HANI Tahun 2018 di Provinsi Maluku Utara yang merupakan Provinsi dengan kerawanan penyalahgunaan narkoba sejumlah 13.181 (Usia 10-59 Tahun) atau 1,50 akan dilaksanakan kegiatan sebagai berikut. Hari Kamis, Tanggal 28 Juni 2018 dilaksanakan Lomba Pidato dan Lomba Lagu Mars BNN Tingkat SMP dan SMA, Hari Jumat, Tanggal 29 Juni 2018 dilaksanakan Donor Darah bekerjasama dengan PMI Kota/Provinsi yang melibatkan peserta dari mitra kerja BNN termasuk awak Media, Hari Sabtu, Tanggal 30 Juni 2018 akan dilaksanakan lomba Mewarnai Tingkat TK dan SD (kelas I), dan Selain itu, BNN Provinsi Maluku Utara juga akan mengadakan Dialog Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di RRI dan Radio Swasta serta di salah satu TV lokal di Maluku Utara yang rencananya dilaksanakan pada Tanggal 30 Juni sampai 10 Juli 2018, Car Free Day yang dipusatkan di sepanjang Tapak 2 dan 3 tepat di hari Minggu tanggal 8 Juli 2018."jelasnya.

Lanjutnya, Kegiatan ini juga akan serentak dilaksanakan diseluruh Indonesia; Dalam upaya untuk melibatkan seluruh komponen masyarakat dalam peringatan Hari Anti Narkotika Internasional Tahun 2018.

"Maka BNN juga perlu melakukan himbauan pencegahan dan pemberantasan, penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dengan memasang spanduk. banner, umbul-umbul di lokasi strategis oleh BNN. BNNP maupun instansi/Lembaga Vertikal, Satuan Kerja Perangkat Daerah, baik
di Provinsi maupun Kabupaten/Kota, Instansi swasta maupun institusi
masyarakat, serta BNN, BNN Provinsi dan BNN Kabupaten/Kota akan berkordinasi dengan organisasi keagamaan dan MUI di wilayah masing-masing untuk menyuarakan pesan, Hidup Sehat Tanpa Narkoba melalui ceramah, kultum dan khotbah selama bulan Ramadhan, termasuk di rumah ibadah lainnya."paparnya.

Selain itu, Puncak Pelaksanaan HANI 2018 di Provinsi Maluku Utara akan dilaksanakan di Kota Ternate yang akan dihadiri oleh Gubernur Maluku Utara dan Forum Koordinasi pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Maluku Utara dan di Kabupaten/Kota akan dihadiri oleh Bupati, Walikota dan Forkopimda
Kabupaten/Kota BNN Provinsi Maluku Utara juga akan melaksanakan kegiatan pasca HANI Tahun 2018 yaitu dengan melakukan kampanye P4GN di lingkungan pendidikan melalui apel siaga di sekolah (SMP dan SMA) di Kota Ternate yang menghadirkan penyuluh Narkoba dari
Maluku Utara.(rd).

No comments:

Post a Comment