Tiga Permainan Tradisional Dilombakan Di Hari Jadi Cilacap - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


16 March 2018

Tiga Permainan Tradisional Dilombakan Di Hari Jadi Cilacap

Cilacap, suarakpk.com – Tiga permainan tradisional seperti egrang, bakiak (terompah) berpasangan, dan gobak sodor turut mewarnai permainan lomba dalam memeriahkan Hari Jadi ke-162 Kabupaten Cilacap tahun ini, Selasa dan Rabu (13-14/3), di Alun-alun Cilacap.

Tiga permainan tradisional itu mampu menyedot animo masyarakat Cilacap. Terbukti, hingga sore hari permainan itu ditonton ratusan orang.

Ketua penyelenggara lomba, Adi Prabowo, saat ditemui mengatakan, selain memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Cilacap yang ke 162, lomba permainan tradisional ini, juga untuk melestarikan warisan budaya Indonesia. 

“Bakiak merupakan permainan tradisional yang menggunakan papan sebagai pijakan. Papan tersebut dibuat sedemikian rupa menyerupai alas kaki yang dimainkan secara beregu. Para pemain harus menyeragamkan langkah dan kompak agar dapat melaju di lintasan,” katanya. 

Sedangkan egrang, menurut Adi Prabowo dimainkan secara tunggal menggunakan bambu yang diberi pijakan setinggi 50 cm dari atas tanah. Berbeda dengan bakiak, egrang membutuhkan keseimbangan dalam memainkannya.

“Lomba bakiak dipertandingkan secara beregu dalam dua kategori, yakni putra dan putri,” jelasnya. 

Dia menambahkan, satu tim dalam lomba bakiak terdiri dari tiga orang, dan tiap tim harus beradu cepat menempuh lintasan sejauh 50 meter. 

Meski terlihat sederhana, tandasnya permainan ini membutuhkan kekompakan para pemainnya. 

“Untuk lomba egrang dipertandingkan secara perorangan. Putra menempuh lintasan 2 x 50 meter, sedangkan putri menempuh lintasan 1 x 50 meter,” terangnya.
Sedangkan gobak sodor, imbuh Adi Prabowo akan dipertandingkan hari Rabu (14/3) di alun-alun Cilacap.

Sementara, Ketua Umum Panitia Peringatan Hari Jadi ke-162 Cilacap yang juga Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Cilacap, Budi Santosa mengatakan, diharapkan generasi muda tetap mengenal berbagai permainan asli Indonesia. 

"Selain itu, pertandingan ini menjadi ajang silaturahmi bagi karyawan dan karyawati di jajaran Pemkab Cilacap," pungkasnya. (Rus)

No comments:

Post a Comment