Provinsi Malut Jadi Contoh Kampung Zakat - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


21 March 2018

Provinsi Malut Jadi Contoh Kampung Zakat


SOFIFI, suarakpk.com - Sebagai salah satu daerah perbatasan di Indonesia, Provinsi Maluku Utara (Malut) kini ditetapkan menjadi percontohan kampung zakat oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI, tepatnya di Desa Telaga Jaya, Kecamatan Wasilei Selatan Kabupaten Halmahera Timur.

Kasubag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Malut Samsudin Fatahuddin S. Ag kepada media ini dikediamannya di Desa Balisosa Sofifi Kota Tidore Kepulauan, Rabu (21/3) mengatakan, ada delapan provinsi di Indonesia yang dipilih Kemenag sebagai kampung zakat, salah satunya Provinsi Malut."Sekarang tim Baznas pusat telah melakukan asesment kampung zakat di Desa Telaga Jaya, asesment ini sudah dilakukan sejak kemarin, Selasa (20/3) sampai hari Kamis," ucapnya.

Dikatakannya, Tujuan dari asesment ini untuk mengetahui karakteristik dari Desa tersebut, sehingga bisa diketahui hal apa saja yang akan dikembangkan di dua Desa itu. Sebab sasaran pengembangan kampung zakat ini terutama dibidang ekonomi, kesehatan, pendidikan,  termasuk kegiatan da'wah bagi ummat Islam."Tapi desa yang ditetapkan sebagai kampung Zakat ini, akan didampingi selama tiga tahun, karena targetnya desa tersebut dapat mandiri," tukasnya.

Pihaknya berharap dengan adanya program ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, perbaikan layanan kesehatan, fasilitas pendidikan dan juga peningkatan da'wah."Jadi, selain program kementerian agama, ada juga program Zakat Comunity Development dari Baznas pusat yang ditempatkan di Desa Toniku Kecamatan Halmahera Barat Propinsi Maluku Utara,"jelasnya.(rais).

No comments:

Post a Comment