PPDI Lamongan Keluhkan Siltap Yang Belum Cair - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


27 March 2018

PPDI Lamongan Keluhkan Siltap Yang Belum Cair


LAMONGAN, suarakpk.com - Perangkat Desa di Kabupaten Lamongan yang tergabung dalam Persatuan Perangka Desa Indonesia (PPDI) Lamongan mengeluhkan belum cairnya penghasilan tetap (Siltap) hingga minggu terkahir di Bulan Maret tahun 2018 ini. Kondisi dikawatirkan akan berdampak pada menurunya pelayanan masyarakat di desa masing-masing.

“Hingga akhir bulan tiga ini semua perangkat desa di Kabupaten Lamongan belum meneterima penghasilan tetap (Siltap). Hal ini di sebabkan karena Alokasi Dana Desa (ADD) di Kabupaten lamongan belum cair” kata Bidang Hukum PPDI Lamongan, Nasir, Selasa (27/3) siang.

Kondisi ini, lanjutnya,kalau kondisi ini berlangsung lebih lama dikawatirkan berdampak pada kinerja perangkat mengingat mereka sebagian  mengantungkan Siltap sebagai pendapatan untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan biaya pendidikan anak-anaknya.

Seperti di ketahui bahwasannya penghasilan tetap ( siltap) perangkat desa adalah berasal dari Alokasi Dana Desa. Besaran penghasilan perangkat desa tersebut antara  Rp 1.000.000 hingga  Rp 1.200.000 setiap bulanya” ungkap Nasir.

Nasir juga mengharap agar ke depan. Pengasilan tetap (Siltap)  tidak digabung dengan Alokasi Dana Desa (ADD) sehingga bisa di cairkan tiap bulan. “Itu semua bertujuan perangkat desa juga bisa menikmati haknya untuk memenuhi kebutuhan keluarganya” katanya meminta.

Di sisi lain Pengurus PPDI Lamongan Bidang Hukum itu juga mengakui pada Senin kemarin baru dapat sosialisasi dari kecamatan.

Sementara itu Kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Khusnul Yakin pada awak media menyebutkan pada saat ini  persiapan pencairan ADD tahap I.

Dan bagi desa yang sudah siap dapat mengajukan penyaluran untuk pencarian ADD tahap I. Pencairan ADD sendiri dilakukan dua tahap. Tahap dua kan dicairkan pada Bulan Juli” pungkas Khusnul yakin. (As)

No comments:

Post a Comment