Pemkab Kebumen Diminta Perhatikan Honor Kader PPKBD - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


28 March 2018

Pemkab Kebumen Diminta Perhatikan Honor Kader PPKBD



KEBUMEN, suarakpk.com - Unit Pelaksana Tugas, Pembantu Pelaksana Keluarga Berencana Desa (UPT-PPKBD) kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen menyelenggarakan Pembinaan PPKBD dan Sub PPKBD kecamatan Kebumen, kemarin Selasa (27/3) di Aula kecamatan Kebumen yang dihadiri oleh  Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) untuk tingkat desa atau kelurahan dan  kader Sub PPKBD utk tingkar RW se-kecamatan Kebumen serta para petugas PPLKB di kecamatan Kebumen.

Menurut petugas PLKB kecamatan Kebumen Baniyatun bahwa acara  rutin tersebut biasa dilaksanakan triwulan atau 3 bulan sekali dan bertujuan untuk membahas evaluasi program KB dan laporan kegiatan rutin tiap bulan serta untuk meningkatkan kinerja para kader.

Program KB atau Keluarga Berencana tidak hanya untuk mengurangi jumlah penduduk tetapi juga untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk serta meningkatkan keluarga kecil berkualitas sehingga bermanfaat bagi kesehatan Ibu dan Anak.  Dan seiring dengan semangat Otonomi daerah, perkembangan program KB menjadi suatu dilema. Dengan berbagai macam program sulit diwujudkan karena tetkendala kurangnya tenaga petugas lapangan. Sehingga perlu memberikan kesempatan yang luas pada masyarakat dalam pengelolaan program KB seperti melalui Lembaga Swadaya dan Organisasi Masyarakat sebagai pengelola serta pelaksana program. Dan upaya untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan program KB dengan mereposisi peran petugas lapangan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat  melakukan pengelolaan program KB melalui Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP). Dan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan program KB, telah dilakukan pula berbagai upaya penumbuhan, pembinaan dan pengembangan IMP. Hal itu dilakukan sebagai wadah peran serta masyarakat sekaligus sebagai mitra petugas lapangan melalui pembentukan kelompok IMP di tingkat Desa, tingkat Dusun/RW serta tingkat RT. IMP di tingkat Desa dinamakan dengan Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD), di tingkat Dusun/RW dinamakan Sub Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (Sub PPKBD) dan di tingkat RT dinamakan dengan Kelompok Akseptor (KA). Perkembangan IMP yang ada di kecamatan Kebumen cukup baik karena PPKBD sudah terbentuk ditiap Desa / Kelurahan.

Muslimah ketua Paguyuban PPKBD kecamatan Kebumen yang berasal dari desa Wonosari menambahkan, kalau acara tersebut juga untuk koordinasi dengan sesama PPPKBD membahas tugas serta diluar tugas seperti iuran kas 5 ribu per-orang untuk anggota paguyuban yang mendapat musibah dan hal lainnya. Dan Poniasih sebagai bendahara Paguyuban menambahkan bahwa perlunya Pemerintah untuk menambah honor bagi kader PPKBD.
"Dengan hono sebulan 65 ribu untuk kader PPKBD serta 40 ribu untuk kader Sub PPKBD maka rasanya habis di bensin sehingga harapannya Pemerintah dapat menaikkan sesuai dengan beban tugas yang menumpuk," pungkas Poniasih menutup pembicaraan dengan suarakpk.com. (setiawan).

No comments:

Post a Comment