Dukung Wujudkan Adiwiyata, DLH Labuhanbatu Gelar Sosialisasi - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


08 March 2018

Dukung Wujudkan Adiwiyata, DLH Labuhanbatu Gelar Sosialisasi


LABUHANBATU, suarakpk.com - Untuk mewujudkan Adiwiyata atau upaya membangun program atau wadah yang baik dan ideal untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup untuk Cita-cita pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Labuhanbatu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar acara sosialisasi dengan melibatkan Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan, di Aula Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Labuhanbatu, Kamis (8/3/2018).

Sebelum membuka Acara Sosialisasi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Labuhanbatu H. Kamal Ilham, SKM. MM terlebih dahulu menyampaikan kepada seluruh peserta yang diikuti kepala sekolah SD, SMP, MTS dan Pesantren agar mengikuti arahan dan bimbingan dari narasumber yang datang dari DLH Provinsi Sumut.

Tujuannya, kata Pria yang baru tiga bulan menjabat sebagai orang nomor satu di Dinas Lingkungan Hidup ini, agar sekolah yang mengikuti Adiwiyata dapat meraih penghargaan ditingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional ataupun Mandiri.

"Kita telah menerapkan perda tentang pembuangan sampah. Ini semua untuk mewujudkan agar meraih Adipura. Agar keinginan pak Bupati menuju Labuhanbatu bersih dapat terwujud,"ujarnya.

Meski 3 sekolah mendapat penghargaan adiwiyata tingkat Provinsi pada tahun 2017 dan tahun 2014 penghargaan dari nasional, adiwiyata provinsi tahun 2013, Kamal menargetkan tahun 2018 Kabupaten Labuhanbatu dapat meraih 2 penghargaan dari tingkat Mandiri.

"Tahun lalu, sekolah pesantren tidak mengikuti adiwiyata. Nah, tahun ini pesantren ikut. Jadi, saya berharap agar tahun ini dapat minimal 2 penghargaan dari tingkat mandiri," harapnya sambil membuka acara Sosialisasi Adiwiyata.

Dalam acara sosialisasi itu juga, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu Sarimpunan juga memberikan sambutannya. Dimana, kata Alumni S2 Unimed ini, Dinas pendidikan yang dipimpinnya juga memiliki program pelatihan pendidikan karakter.

" Salah satu point pentingnya adalah sampah. Jadi, kita harus bangun karaktek tentang peduli terhadap sampah dengan membuang sampah pada tempatnya. Nah, karekter itu harus dibangun mulai dari tingkat pengajar, siswa dan orang tua siswa. Dan itu sudah kita terapkan," terangnya.

Setelah acara sosialiasi dibuka, Narasumber DLH Provinsi Sumut Akmal Syahputra bersama solihin dari kasimapemdis Kandepag Labuhanbatu dan siswo dari MIN Padang Bulan

memberikan pemahaman dan bimbingan kepada para peserta yang telah meraih sekolah Adiwiyata, antara lain, untuk tingkat Kabupaten SDN 112135 Rantau Utara, SDN 112138 Rantau Utara, SDN 112145 Bilah Barat, SDN 116874 Bakaran Batu, MIN Sigambal, MIN Urung Kompas dan SMAN 1 Rantau Selatan.

Selanjutnya tingkat Provinsi, SDN 112144 Aek Matio, MTSN Kampung Baru, MAN Rantauprapat, SDN 112140 Kampung Baru, SDN 115528 Kompi. Sedangkan untuk tingkat Nasional SDN 112139 Depan Kodim dan untuk tingak Mandiri MIN Padang Bulan.(Red.408).

No comments:

Post a Comment