Melawan “Hoax”, Progres 98 Segera Bentuk Sentral Tabayun Nasional - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

14 Februari 2018

Melawan “Hoax”, Progres 98 Segera Bentuk Sentral Tabayun Nasional


JAKARTA, suarakpk.com - Belakangan ini, banyak bermunculan penyebaran informasi dan berita hoax, fitnah, serta perilaku kebencian berbau Suku Agama Ras dan Antar Golongan (SARA) makin menimbulkan keresahan dan daya rusak yang mengkhawatirkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dari kondisi tersebut memunculkan rasa empaty dan simpati Progres 98 sehingga terdorong untuk membentuk pusat tabayun (pemahaman; penjelasan) nasional yang dinamai seTnas.

Menurut Faizal Assegaf, Koordinator Progres 98, bahwa Sentral Tabayyun Nasional (seTnas) gagasan Progres 98 bertujuan mendorong terciptannya kelangsungan berbangsa yang damai, sehat, dan bermartabat.

“Wadah yang kami bentuk ini bersifat independen dan terbuka, tujuannya mempercepat gerakan tabayun nasional untuk merekatkan kebersamaan anak bangsa,” terang Ketua Progres 98, Faizal Assegaf, melalui keterangan tertulis, Rabu (14/2/2018).

Faizal, berpandangan jika anak bangsa perlu menyatukan potensi untuk bangkit melakukan perlawanan.
“Kita mesti punya tekat bersama untuk menghentikan hasutan dan fitnah keji yang tidak sesuai dengan ajaran agama, etika dan budaya,” katanya,

Dirinya mengaku juga akan berkoordinasi serta melibatkan elite bangsa, penegak hukum, tokoh agama, pemerintah dan pers untuk memperluas jaringan serta menyatukan potensi.

“Mengingat, fenomena penyebaran kebencian SARA tidak bisa ditangani secara instan dan parsial. Perlunya kerja sama semua pihak dalam konsolidasi yang visioner, efektif dan konstruktif,” jelas Faizal.

Dari informasi dan data yang dihimpun Progres 98, para pelaku penyebar hoax (informasi menyesatkan) dan politik adu domba berbau agama dilakukan oleh kelompok ekstrimis dan kawanan politisi busuk.

“Kelompok-kelompok pengusung hoax ini memanfaatkan kebebasan bermedia sosial sebagai arena penyebaran fitnah secara terencana, masif dan mengusung misi politik destruktif,” beber Faizal menambahkan.

Bila hal itu dibiarkan, lanjutnya, negeri ini makin terkepung oleh derasnya hoax dan fitnah berbau SARA. Hasilnya, kerukunan umat agama dan solidaritas sosial akan porak-poranda.

“Tentu semua pihak mesti sadar dan kompak untuk menghentikan upaya busuk tersebut!” tegasnya mengunci. (001/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)