KUNJUNGI INDOBATT, MENTERI LUAR NEGERI INDONESIA PUJI KINERJA PASUKAN GARUDA - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

28 Februari 2018

KUNJUNGI INDOBATT, MENTERI LUAR NEGERI INDONESIA PUJI KINERJA PASUKAN GARUDA


LEBANON, suarakpk.com - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi baru saja  melaksanakan kunjungan kerja ke Markas Indonesia Battalion UNIFIL di Adchit Alqusayr Lebanon Selatan, Senin 26/2/2018.

Kedatangan Menlu ini disambut Komandan Kontingen Garuda TNI Unifil Kolonel Inf Murbianto Adhi Wibowo dan Komandan Satgas Indobatt XXIII-L Letkol Inf Arfan Johan Wihananto S.IP beserta jajaran Perwira Kontingen Garuda lainnya dalam sebuah acara Medical Camp di Baladiyah (kantor distrik) Ett Teibe yang merupakan Area of Responsibility dari Indobatt.
Menlu berkesempatan melihat langsung kegiatan kemanusiaan yaitu pelayanan kesehatan yang diberikan Tim Medis Indobatt yang dipimpin oleh 2 Dokter Wanita TNI kepada masyarakat setempat.

Komandan Kontingen Garuda, Kolonel Inf Murbiyanto mengucapkan selamat datang kepada Ibu Menteri yang memberikan motivasi dan kebanggaan tersendiri bagi pasukan Garuda dan menjelaskan lebih lanjut tentang kedekatan khusus antara Pasukan Garuda dengan masyarakat Lebanon dikarenakan metode pendekatan yang sangat baik dan unik sehingga bisa diterima dengan tangan terbuka.

Menlu Retno Marsudi menyampaikan apresiasi luar biasa kepada Kontingen Garuda atas berbagai prestasi yang telah di torehkan dalam menjalankan misi perdamaian di Lebanon Selatan ini.

Selama ini, kontribusi Indonesia dalam perdamaian dunia tidak terbantahkan. Indonesia memiliki sejarah panjang dan track record yang baik sehingga dunia menaruh harapan yang besar terhadap komitmen dan kontribusi Indonesia.

"Karena kontribusi yang berkesinambungan dan rekam jejak yang baik inilah, Indonesia mengajukan diri untuk menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB  periode 2019-2020," terang Menlu.

Sebagai wanita dan sebagai negara muslim terbesar di dunia, saya sangat bangga karena Woman Peacekeepers Indonesia, jumlahnya terus meningkat setiap tahun, ini merupakan bentuk kepercayaan dunia serta nilai tambah untuk mengharumkan nama Indonesia dimata dunia.

"Saya yakin tugas ini tidaklah ringan karena harus meninggalkan keluarga dan negara demi tugas mulia ini," ujar Menlu.

Selesai menyampaikan sambutannya, Menlu meminta waktu secara khusus untuk memberikan pembekalan kepada prajurit Wanita TNI dengan berinteraksi secara santai dan menanyakan dinamika serta kesulitan- kesulitan yang dihadapi prajurit Wanita TNI dalam bertugas.

Selanjutnya dalam acara ramah tamah Menlu melakukan komunikasi dengan tokoh masyarakat Lebanon di Rubb Hall Indobatt. Suasana semakin cair ketika penampilan budaya kedua negara yaitu tari "Kecak" dari Indonesia dan tari "Dabke" dari Lebanon turut ditampilkan.

Selesai acara ramah tamah, Menlu didampingi Dankontingen Garuda dan Dansatgas Indobatt melaksanakan Blue Line Tour mengunjungi Panorama Point yang berbatasan langsung dengan wilayah Israel.

Ditempat tersebut Dansatgas Indobatt Letkol Inf Arfan Johan Wihananto juga mengucapkan rasa banggganya, "Selama satu dekade terakhir, baru kali ini Markas Indobatt dikunjungi Menteri Luar Negeri dan kami akan jaga kepercayaan rakyat Indonesia dan kepercayaan ibu Menlu terhadap kami" ujar Letkol Arfan. (001/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)