Hj. Siti Awal Pangonal : Jadikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Sebagai Prioritas - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


27 February 2018

Hj. Siti Awal Pangonal : Jadikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Sebagai Prioritas


LABUHANBATU, suarakpk.com - Tim Penggerak PKK Labuhanbatu menjadikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sebagai prioritas dalam mensukseskan Program Bupati H. Pangonal Harahap SE,M.Si, yaitu 'Masyarakat Tidak Sakit'. Bahkan, konsep itu menjadi perlombaan pada kunjungan Tim Supervisi TP PKK di Desa Sei Jawi-Jawi Kecamatan Panai Hulu, Kabupaten Labuhanbatu. Selasa (27/2/2018).

Selain itu, kata Hj. Siti Awal Pangonal Harahap, Konsep PHBS ini juga selaras dengan Program rutin Bupati Labuhanbatu, yakni Jum'at Bersih, Sabtu Hijau dan Minggu Sehat yang harus terus digelorakan di seluruh pelosok Desa/Kelurahan Kabupaten Labuhanbatu.

"Tujuan saya terutama untuk berkunjung dan bertatap langsung dengan kader-kader PKK Di Desa Sei Jawi-jawi, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) ini harus kita praktekkan dengan keluarga sendiri, baru nanti ke orang lain, dan ini juga bersinergritas dengan program pak Bupati yaitu Jum'at bersih Sabtu hijau Minggu sehat" sebut Hj. Siti Awal.

Disamping itu, tambah isteri Bupati Labuhanbatu ini, tidak mudah untuk mengajak masyarakat agar merubah prilaku hidup sehat. PHBS adalah suatu prilaku atau upaya untuk bisa merubah prilaku menjadi sehat, sasaran yang pertama yaitu anggota rumah tangga di dalam keluarga supaya mengetahui dan mau untuk mengubah kebiasaan yang belum sehat, dan dengan adanya PHBS bisa merubah kebiasaan menjadi sehat.

"Sudah berubah prilaku dalam keluarga dan menjadi keluarga sehat, tentunya nanti akan dilanjutkan dengan pembentuka Dusun yang sehat, dan secara otomatis Desanya juga akan menjadi Desa yang sehat. Tentunya ini semua tidak bisa dilakukan oleh petugas kesehatan saja, tetapi kita sebagai kader-kader PKK garda terdepan untuk memberi tahu kepada warga, gerakkan PHBS dari 10 indikator yang ada" terang Hj. Siti Awal.

Dalam kesempatannya, Kepala Desa Sei Jawi-jawi Sumarno, mengucapkan terimakasih atas kedatangan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu beserta rombongan, dengan kunjungan ini, menjadi momen baik terhadap perkembangan PKK khususnya di Desa setempat.

"Desa Sei Jawi-jawi dalam hal ini ikut serta membantu dan mendukung kegiatan PKK, semoga dengan kedatangan Ibu Ketua Tim PKK tidak ada lagi yang beranggapan Desa Sei Jawi-jawi bukanlah Desa yang tertinggal kami harapkan ibu Ketua Tim PKK tidak bosan untuk mengunjungi Desa kami ini" sebut Kades.

Disisi lain, Kades melaporkan kondisi beberapa ruas yang belum memadai, pihaknya berserta masyarakat dan pemerintahan Kecamatan kami tetap berusaha menciptakan alternatif serta bermohon adanya perhatian Bupati Labuhanbatu kedepan.

"Kami siap mendukung program PKK, demikian juga dengan peningkatan program Bupati Labuhanbatu yaitu Jumat bersih Sabtu hijau dan Minggu sehat, akan terus kami gelorakan" bilangnya.

Disamping itu, Ketua PKK Desa Sei Jawi-jawi Ny. Wagini Sumarno menambahkan, adapun pelaksanaan dan Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) ada 10 program yakni mengadakan pembinaan kepada kader PKK dan Masyarakat di Desa Sei Jawi-jawi agar persalinan ditolong tenaga medis , sehingga keselamatan ibu dan bayi lebih terjamin.

Kemudian, terus melakukan interaksi kepada masyarakat dengan cara menyarankan Ibu-ibu agar memberikan ASI Ekslusif kepada anaknya , menimbang balita setiap bulan ke posyandu, pemanfaatan air bersih, pembinaan menggunakan jamban sehat, memberantas jentik nyamuk dengan cara 3 M (Menguras, Menutup, Mengubur plus Menghindari Gigitan Nyamuk).

"Kami sadar masih banyak kekurangan di Desa ini, kami berharap dengan pertemuan ini kami harapkan arahan dan bimbingan ketua Tim PKK Kabupaten Labuhanbatu, kami dapat lebih berkualitas kedepan" harap isteri Kepala Desa Sei Jawi-Jawi ini.

Camat Panai Hulu Muslih, SH dalam kesempatanya menyampaikan bahwa tahun ini akan di bangun jalan rabat beton sepanjang 500 meter di Desa Sei Jawi-jawi Kecamatan Panai Hulu .

"alhamdullilah pada tahun ini konsentrasi pak Bupati Labuhanbatu sangat luar biasa untuk Kecamatan Panai Hulu , terkhusus Desa Sei Jawi-jawi , yaitu akan di bangun jalan rabat beton sepanjang 500 meter", jelasnya.(Red.408).

No comments:

Post a Comment