KIM Garda Terdepan Terwujudnya e-Goverment - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


18 January 2018

KIM Garda Terdepan Terwujudnya e-Goverment



LABUHANBATU,suarakpk.com - Ternyata KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) itu garda terdepan penyebaluasan informasi & mendukung terwujudnya e-Government terutama dalam hal menyampaikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat, khususnya informasi pembangunan melalui penyebarluasan informasi yang lebih cepat dan tepat, karena KIM berdiri atas inisiatif masyarakat sendiri, menjadi pintu pelayanan buat masyarakat karena kapabilitas mengakses berbagai sumber informasi.

 Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Labuhanbatu H Muhammad Ihsan Harahap, ST bahwa ada tiga peran KIM, yang Pertama, mengelola informasi mulai dari menyerap, mengumpulkan, mengolah, menyimpan dan mendiseminasikan informasi kepada pihak yang berkompeten, serta mengelola umpan balik. Kedua, mengembangkan kualitas sumber daya manusia di bidang informasi agar menjadi insan informasi yang dapat diandalkan dalam pelaksanaan pembangunan. Ketiga, menjembatani informasi antara masyarakat dan pemerintah dalam penyebaran informasi dan penyerapan serta penyerapan aspirasi.


Aktivitas KIM seperti “ADINDA”, Akses informasi, Diskusi tentang informasi, Implementasi informasi yang diterima, Diseminasi (seleksi, pengolahan & penyebaran informasi), Aspirasi (penyerap & penyalur aspirasi masyarakat).

 Secara garis besar Kadis Kominfo Labuhanbatu ini mengutarakan bahwa KIM itu adalah lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat yang berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai kebutuhannya terletak di perkotaan/pedesaan beranggotakan 3 sampai 30 orang, dapat terdiri dari remaja, orang dewasa/tua, laki-laki atau perempuan, pelajar atau mahasiswa, pedagang, petani atau nelayan dan lain-lain.

 Katanya, berdasarkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika RI No. 08/Per/M.Kominfo/6/2010 tentang Pedoman pengembangan dan pemberdayaan lembaga komunikasi sosial, tanggal 1 juni 2010. Kemudian tujuan pembentukan KIM adalah untuk menemukan masalah bersama melalui diskusi dengan anggota kelompok, mengenali cara pemecahan masalah, membuat keputusan bersama, melaksanakan keputusan dengan kerjasama, mengembangkan jaringan informasi untuk memecahkan masalah dan memenuhi kebutuhan.

 Lanjutnya lagi, sebelumnya perlu kita ketahui bahwa Visi KIM adalah Terwujudnya Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang inovatif dalam meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat melalui pendayagunaan informasi dan komunikasi dalam rangka mencapai masyarakat informasi yang sejahtera.

 Sedangkan Misi Kim itu sendiri ialah Mendorong tumbuh dan berkembangnya KIM secara mandiri sebagai wahana informasi dalam masyarakat. Meningkatkan peranan KIM dalam memperlancar arus informasi antar anggota masyarakat dan antara pemerintah dengan masyarakat. Meningkatkan kemampuan Anggota KIM dan masyarakat dalam mengakses dan mengelola informasi dalam rangka meningkatkan literasi informasi dan mengatasi kesenjangan informasi.

 Muhammad Ihsan Harahap menegaskan bahwa tugas KIM itu adalah mewujudkan masyarakat yang aktif, peduli, peka dan memahami informasi serta memberdayakan masyarakat agar dapat memilah dan memilih informasi yang dibutuhkan dan bermanfaat. Selain itu untuk mewujudkan jaringan informasi serta media komunikasi dua arah antara masyarakat dengan masyarakat mapupun dengan pihak lainnya, kemudian menghubungkan satu kelompok masyarakat dengan kelompok yang lainnya untuk mewujudkan kebersamaan, kesatuan dan persatuan bangsa.

 KIM tersebut berfungsi sebagai wahana informasi, baik itu antar anggota KIM secara horisontal, dari KIM ke Pemerintah secara bottom up, dari Pemerintah kepada Masyarakat secara top down, sebagai mitra dialog dengan pemerintah, pemda provinsi dan pemda kabupaten/kota dalam merumuskan kebijakan publik, juga sebagai sarana peningkatan litersi masyarakat dibidang informasi dan media massa serta teknologi informasi dan komunikasi di kalangan anggota KIM dan masyarakat juga sebagai lembaga.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad