Ribuan Peserta Ikuti Perkemahan Wirakarya Eksekutif - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


16 December 2017

Ribuan Peserta Ikuti Perkemahan Wirakarya Eksekutif



RAHA, suarakpk.com - Seribuan peserta  yang tergabung dari para SKPD,  Camat, Lurah/ Kepala Desa (Kades) dan pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Kabupaten Muna, mengikuti Perkemahan Wirakarya Eksekutif di Pantai Meleura, Desa Lakarinta, Kecamatan Lohia, Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Perkemahan yang diselengarakan oleh Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Muna,  Sabtu 16 hingga 19 Desember 2017 mendatang dibuka langsung oleh  Ketua Kwarcab Nurdin Pamone.

Nurdin Pamone yang tidak Sekda Muna ini mengungkapkan, perkemahan ini diadakan untuk mengawali pelaksanaan Festival  Pantai Meleura (FPM), Rabu 20 Desember 2017 mendatang. 

"Antusias para SKPD, Camat, Lurah, Kades,  para PNS lainnya serta pelajar bisa kita lihat. Dan Alhamdulillah, masyarakat sekitar juga  berinisiatif,  menjaga keamanan wilayahnya masing-masing. Saya amati mereka berusaha menjadi tuan rumah yang baik," tuturnya.

Kata dia, perkemahan Wirakarya Eksekutif tingkat Kabupaten  baru pertama kalinya diadakan  di Indonesia, yakni baru di Muna. Dan pelaksanakan kegiatan ini atas perintah Bupati Muna LM Rusman Emba, sebagai Ketua Majelis Pimpinan Cabang (Kamapicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Muna.

"Kami dari eksekutif Pemda Kabupaten Muna menindak lanjuti perintah Bupati Muna sebagai Kamapicab. Kita rekayasa wilayah pemukiman penduduk menjadi Homestay,  sehingga bisa layak sebagai penunjang sarana obyek wisata," ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas (Kadis) Sosial Kabupaten Muna La Ode M Satri,  menyambut positif kegiatan ini. Karena menurutnya setiap SKPD memberikan kontribusi yang dirasakan langsung oleh masyarakat.

Katanya, setiap SKPD yang ditempatkan di rumah penduduk sebagai Homestay dapat  melihat apa yang menjadi kekurangan mereka (penduduk sekitar perkemahan).

"Tanpa mereka meminta, kita melihat apa yang mereka butuhkan. Misalnya, rumahnya menurut kami belum bagus, kita cet, kita pasangkan plafon, trus MCK nya kita perbaiki dan kalau belum ada pagar kita buatkan pagarnya," tuturnya.

"Kebetulan kita lakukan perkemahan di lokasi wisata, anggaplah ini refresing," tambah La Ode M. Satri. (Randy)

No comments:

Post a Comment