Kuda Lumping Desa Kedungbanteng, Tampil Di Festival Kuda Lumping Jawa Timur - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


24 October 2017

Kuda Lumping Desa Kedungbanteng, Tampil Di Festival Kuda Lumping Jawa Timur



MALANG, suarakpk.com – Untuk terus melestarikan budaya lokal perlu dilakukan berbagai terobosan di tengah kehidupan masyarakat global, seperti yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Jawa Timur yang mengadakan festival kuda lumping se Jawa Timur belum berapa lama ini.
Diketahui kesenian tari Kuda Lumping di wilayah Jawa Timur sudah berusia ratusan tahun dan dikenal di seluruh pelosok dunia, bahkan sempat diklami oleh negara tetangga.
Festival Kuda Lumping Kawasan Selatan Jawa Timur yang diadakan mulai tanggal 20 - 22 Oktober 2017 kemarin diikuti oleh 8 Kabupaten yang berada di wilayah pesisir selatan Jawa Timur diantaranya Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Jember, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Malang, Kabupaten Blitar, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Trenggalek dan Kabupaten Pacitan.
Menurut Wakil Gubernur, Syaifullah Yusuf, yang ikut hadir dalam Festival Kuda Lumping Kawasan Selatan Jawa Timur mengatakan bahwa Kesenian kuda lumping ditiap daerah memiliki karakteristik masing - masing, maka dengan adanya festival akan menambah khasanah budaya lokal.



Kepala Desa Kedungbanteng, suwarno

Sementara salah satu peserta dari Desa Kedungbanteng, Kecamaten Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang merupakan salah satu pelestari kesenian tradional Kuda Lumping dan sering mengikuti berbagai festival.
Kepala Desa Kedungbanteng, suwarno yang ikuti mendampingi warganya dalam festifal tersebut mengatakan bahwa kelompok kesenian kuda lumping desanya sering mengikuti berbagai festival sebagai wujud pelestarian kesenian yang menjadi kebanggan warga jawa timur.
“saya mengafal festival mas, bahkan saya ikuti sampai tergalek” kata Suwarno pada suarakpk.com kemarin saat ditemui usai pentas grup tari kuda lumping. (sunarto)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad