Coban Glotak, Destinasi Wisata Tersembunyi Di Malang - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


24 October 2017

Coban Glotak, Destinasi Wisata Tersembunyi Di Malang


MALANG, suarakpk.com – Coban Glotak, sebuah nama tempat yang asing bagi sebagian orang, walaupun banyak juga yang sudah mengunjunginya. Benar ! Coban Glotak adalah sebuah destinasi wisata tersembunyi yang belum begitu maksimal diperkenalkan ke para wisatawan. Air terjun yang terletak di Desa Bedalisodo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur  memiliki ketinggian sekitar 100 meter. Berlokasi di lereng Gunung Kawi dan lingkungan di destinasi wisata ini bisa dibilang masih sangat alami.  Beberapa pengunjung wisata ini mengungkapkan bahwa dirinya bersama teman-temannya sering berkunjung kesini. “Kita sering bermain kesini mas ! melihat pemandangan yang indah yang tidak membosankan.” Ujarnya. Ditimpali teman disebelahnya,”Pemandangan bagus ! Suara airnya itu pikiran penat akan terasa sangat fresh kembali,” katanya dengan penuh semangat.
Kades Bedalisodo, Narto mengungkapkan bahwa konon nama Coban Glotak itu berasal dari bunyi bebatuan yang jatuh bersama jatuhnya air terjun. Bebatuan yang jatuh dan di bawa air itu menimbulkan bunyi klotak - klotak.  Kejadian itulah yang kemudian dijadikan nama air terjun tersebut. Dan hingga saat ini, bila beruntung bebunyian itu masih bisa di dengar saat malam hari tiba. Lanjutnya, selain air terjun ini sebenarnya ada 7 air terjun lain. Namun, Air Terjun Coban Glotak ini merupakan coban yang berada di urutan terbawah dari 7 coban yang berada di atasnya. Tempat wisata ini hingga sekarang masih dikelola oleh Pihak Perhutani karena termasuk dalam kawasan hutan lindung dibawah pengawasan Perhutani Malang. “Pengelolaannya masih dari Perhutani dan tiket masuk ke lokasi ini sangat murah bila dibandingkan dengan lokasi wisata yang sejenis,” ucap kades ini.
Walaupun perjalanan ke air terjun ini lumayan sulit dimana pengunjung harus rela menyusuri sungai, namun akan terpuaskan dengan pemandangan dan suara merdunya coban ini. Pengunjung  yang sedang beristirahat berkata, “Lain waktu pasti akan kesini lagi, Puas aku dengan keindahannya, walaupun untuk mencapai kesini penuh perjuangan, katanya sambil tertawa puas. Di sisi lain, salah warga Miaton mengatakan bahwa pengunjung tempat wisata ini dari berbagai daerah apalagi diwaktu hari libur. Senada dikatakan pula Muhkidi, “Bagi masyarakat Malang khususnya, Coban ini sudah tidak asing lagi dengan keindahannya,” ujarnya.
“Oleh sebab itu, melihat potensi wisata yang belum dikembangkan secara maksimal yang dimiliki oleh desa kami, maka kami berharap agar potensi tersebut dapat dikembangkan oleh dinas terkait. Sebab, walaupun sekarang belum maksimal namun sudah memberikan konstribusi sedikit peningkatan pendapatan bagi warga masyarakat dan desa.” Harapnya. “Apalagi potensinya dimaksimalkan akan dapat menaikkan PAD, yang ujung-ujungnya kesejateraan masyarakat  akan lebih baik dan desa ini akan lebih maju,” pungkasnya. (Sunarto)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad