PWI Karawang Gelar Seminar Nasional Tentang Pengelolaan Hutan - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

26 September 2017

PWI Karawang Gelar Seminar Nasional Tentang Pengelolaan Hutan


Karawang, SuaraKPK.com - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Karawang menggelar Seminar Nasional Pro Kontra Program Perhutanan Sosial, dengan mengusung tema "Hutan Untuk Siapa", di Ball Room Dewi Air, Jalan Interchange Karawang Barat, Senin (25/9).

Dalam kesempatan tersebut, hadir sebagai pembicara Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jenderal (Purn) Muldoko, Mantan Dirjen  Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Widodo Sambodo, Peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Dr. Hery Yogaswara, Akademisi dari Universitas Kebangsaan Garlika Martanegara dan Anggota Dewan Pimpinan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) Hj. Eni Sumarni.

Ketua Panitia Pelaksana, Putra M. Wifdi Kamal mengatakan, seminar yang dilaksanakan pihaknya merupakan bentuk kepedulian PWI terhadap isu-isu pembangunan, ekonomi dan lingkungan di Karawang yang tengah berkembang saat ini. Dimana pihaknya telah melakukan kajian sebelumnya, dari hasil-hasil wawancara narasumber dari berbagai kalangan mengenai program KLHK tersebut.

"Banyaknya kesimpang siuran dan keterbatasan informasi yang bisa disajikan dalam sebuah berita, mendorong kami untuk menghadirkan sebuah diskusi mendalam tentang Program Perhutanan Sosial ini. Sehingga tidak lagi menjadi polemik antara berbagai pihak, dan dapat memberi masukan kepada pemerintah tentang bagaimana sebaiknya program tersebut diterapkan," katanya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Teddy Rusfendi Sutisna yang membuka acara tersebut, sangat mengapresiasi apa yang dilakukan PWI Kabupaten Karawang. Sebab diakuinya, Pemkab Karawang memiliki keterbatasan untuk bisa menjangkau seluruh permasalahan yang ada. Pihaknya akan menjadikan hasil seminar tersebut, sebagai bahan referensi pengambilan kebijakan di masa mendatang tentang bagaimana mengelola hutan Karawang.

"Seminar ini penting untuk dilaksanakan, karena bisa membantu kita dalam membuat kebijakan ke depan. Apalagi pembicaranya orang-orang yang ahli dalam bidang masing-masing, ini sangat membantu. Kita apresiasi apa yang dilakukan teman-teman PWI dan kita tunggu hasilnya seperti apa," kata Teddy.

Ketua PWI Kabupaten Karawang, Oland PH. Sibarani mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja PWI di tahun 2017. Dengan kegiatan seminar, diharapkan permasalahan hutan yang cukup pelik salah satunya di wilayah Karawang, bisa terselesaikan dengan solusi terbaik bagi semua pihak. 

Oland mengaku, kegiatan seminar tersebut merupakan inisiatif anggota PWI yang melihat masalah pengelolaan hutan sangat kompleks dan menimbulkan konflik, sehingga harus ada solusi kongkrit dari hasil diskusi dengan pihak-pihak yang kompeten dalam bidang tersebut.

"Jadi seminar ini kita laksanakan, karena kita sering melakukan liputan soal permasalahan hutan. Akhirnya, kita terinspirasi untuk melakukan kegiatan seminar ini," katanya. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)