MUBES V Lembaga Dalihan Natolu Dibuka Bupati Labuhanbatu - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


16 September 2017

MUBES V Lembaga Dalihan Natolu Dibuka Bupati Labuhanbatu



LABUHANBATU, suarakpk.com - Bupati Labuhan Batu H. Pangonal Harahap S.E, Msi secara resmi membuka Musyawarah Besar (MUBES) V Lembaga Dalihan Natolu (LDN) di Hotel Permata land Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu, Sabtu (16/9).

Dalam sambutannya Pangonal mengatakan “Lembaga Dalihan Natolu (LDN) ini merupakan wadah pemersatu bagi masyarakat Batak Toba yang ada di Labuhanbatu, ini merupakan gabungan dari beberapa marga batak toba didalamnya, adalah aset bangsa dan aset daerah yg wajib didukung oleh Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu.”

Selanjutnya dia  mengharapkan Mubes LDN ini harus bisa bermusyawarah dan duduk bersama dengan baik dalam mengambil keputusan, kalau bisa janganlah memakai sistem voting tapi pakailah azas musyawarah dan mufakat atau aklamasi. Aklamasi itu menunjukkan bahwa dikebersaman dan seia sekata dalam sebuah perkumpulan adat adalah sangat mulia dan berwibawa.

Pada intinya, Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu mendukung keberadaan LDN Kabupaten Labuhanbatu dan akan memberikan dukungan dana dari APBD sebesar Rp.50 juta. Pemberian dukungan dana itu nantinya diharapkan dapat mendukung program dan kegiatan LDN ditengah-tengah masyarakat Labuhanbatu.

Pada kesempatan itu, Ketua LDN Kab.Labuhanbatu periode 2013-2017 MT. Lumban Gaol menyampaikan laporan pertanggungjawaban pengurus LDN Kabupaten Labuhanbatu periode 2013-2017. "Maksud didirikannya LDN ini adalah untuk melestarikan adat, seni dan budaya batak toba serta hubungan kemasyarakatan antara sesama etnis yg ada di Labuhanbatu, juga wajib membina hubungan yang harmonis dengan pemerintah dalam rangka pembangunan bangsa dan negara, khususnya Labuhanbatu yang kita cintai ini," sebutnya.

Apalagi kata Lumban, LDN mempunyai slogan "Manat Mardongan Tubu, Elek Marboru dan Somba Marhula-hula tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari,” artinya wadah ini tetap menjaga adat istiadat dan saling menghormati antara satu dengan yang lainnya. ( Muchlis )

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad