PT INALUM : Saya Indonesia Saya Pancasila - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

01 Juni 2017

PT INALUM : Saya Indonesia Saya Pancasila



Batubara, suarakpk.com - PT INALUM memperingati hari lahir pancasila yang pertama yang jatuh pada tanggal 1 juni 2017 digelar di lapangan utama tanjung gading kecamatan sei suka kabupaten Batubara provinsi sumut berlangsung khidmat.

Sambutan presiden republik indonesia dalam rangka peringatan hari lahir pancasila tanggal 1 juni 1945 sampai dengan 1 juni 2017 yang dibacakan oleh inspektur upacara yakni direktur utama pt inalum, winardi, dihadapan peserta upacara yaitu karyawan/ti Inalum serta kontraktor mengatakan, upacara peringatan ini yang pertama kalinya dan upacara ini meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami , menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur pancasila sebagai dasar bermasyarakat dan bernegara. Pancasila merupakan hasil dan satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan pancasila tanggal 1 juni 1945 yang dipidatokan Ir. Soekarno. Piagam jakarta tanggal 22 juni 1945 dan rumusan final pada tanggal 18 agustus 1945 adalah jiwa besar para founding fathers, ulama,dan para pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita.
"Harus diingat bahwa kodrat bangsa indonesia adalah keberagaman,takdir tuhan untuk kita adalah keberagaman, dari sabang sampai ke merauke adalah keberagaman berbagai etnis,bahasa,adat istiadat,agama,kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk indonesia itulah kebhinneka tunggal ika an kita".

Namun kehidupan berbangsa dan bernegara kita sedang mengalami tantangan, kebhinnekaan kita sedang di uji, saat ini ada pandangan yang mengancam kebhinnekaan, saat ini ada sikap tidak toleran yang mengusung ideologi selain pancasila.
"Masalah ini semakin mencemaskan tatkala diperparah oleh penyalagunaan media sosial yang banyak mengangkat berita hoaks atau kabar bohong"

Kita perlu belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui oleh radikalisme,konflik sosial, terorisme dan perang saudara. Dengan pancasila dan uud 1945 dalam bingkai NKRI dan bhinneka tunggal ika kita bisa terhindar dari masalah tersebut. Kita bisa hidup rukun dan bergotong royong untuk memajukan negeri dengan pancasila Indonesia. ada harapan dan rujukan masyarakat internasional untuk membangun dunia yang damai adil dan makmur. Oleh karena itu saya mengajak kepada para ulama, ustadz, pendeta, fastor,biksu, tokoh masyarakat, pendidik, pelaku seni dan budaya, pelaku media, jajaran birokrasi tni dan polri serta seluruh komponen masyarakat untuk menjaga pancasila. Pemahaman dan pengalaman pancasila dalam masyarakat berbangsa dan bernegara harus terus di tingkatkan, ceramah keagamaan, materi pendidikan, fokus pemberitaan dan perdebatan di media sosial harus menjadi bagian dalam pendalaman dan pengamalan nilai-nilai pancasila.

Komitmen pemerintah untuk penguatan pancasila sudah jelas dan sangat kuat berbagai upaya terus kita lakukan telah diundang kan peraturan presiden nomor 54 tahun 2017 tentang unit kerja presiden pembinaan ideologi pancasila. Bersama seluruh komponen bangsa,lembaga baru ini ditugaskan untuk memperkuat pengalaman pancasila dalam kehidupan sehari hari yang terintegrasi dengan program-program pembangunan, pengentasan kemiskinan, pemerataan kesejahteraan dan berbagai program lainnya menjadi bagian integral dari pengamalan nilai-nilai pancasila. Tidak ada pilihan, kecuali kita harus bahu membahu menggapai cita-cita bangsa sesuai dengan pancasila, tidak ada pilihan kecuali seluruh anak bangsa harus menyatukan hati pikiran dan tenaga untuk persatuan dan persaudaraan, tidak ada pilihan kecuali kita harus kembali kejati diri sebagai bangsa yang santun berjiwa gotong royong dan toleran, tidak ada pilihan kecuali kita harus menjadikan indonesia sebagai bangsa yang adil, makmur dan bermartabat di mata internasional. Namun demikian kita juga harus waspada terhadap segala bentuk pemahaman dan pergerakan yang tidak sejalan dengan bangsa. Pemerintah pasti bertindak tegas terhadap organisasi-organisasi dan gerakan-gerakan yang anti pancasila anti undang-undang dasar 1945, anti NKRI anti bhinneka tunggal ika, pemerintah pasti bertindak tegas yang masih terdapat faham komunisme yang jelas-jelas sudah di larang di bumi indonesia.

Sekali lagi jaga perdamaian, jaga persatuan, jaga persaudaraan diantara kita, membantu kepentingan bangsa. Mari saling bahu membahu bergotong royong demi kemajuan bangsa indonesia. Selamat hari lahir pancasila, kita indonesia, kita pancasila, semua anda indonesia, semua anda pancasila, saya indonesia, saya pancasila, terima kasih.
Jakarta 1 juni 2017 presiden republik indonesia
Ttd
Joko widodo

( Hotma Roha Sirait )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)