Jumat Curhat, Warga Lagasa Pertanyakan KDRT yang Dilakukan Perempuan - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

24 Maret 2023

Jumat Curhat, Warga Lagasa Pertanyakan KDRT yang Dilakukan Perempuan



MUNA, suarakpk.com -


Untuk mendengarkan curhatan masyarakat terkait tugas anggota Polri di lapangan, maka Polres Muna adakan kegiatan Jumat Curhat.


Meski dalam suasana bulan Ramdhan, namun semangat dari pihak Polres Muna perlu diberikan apresiasi atas keinginan besarnya untuk mengumpulkan warga dalam wilayah hukum Polres Muna untuk mendengarkan curhatan warganya.


Kali ini bertempat di Lagasa Bahari Dua, Kabupaten Muna. Mengawali kata oleh Kasat Binmas AKP  La Hadia, mengatakan kepada warga Bahari Dua bahwa jikalau tidak ada waktu untuk melapor ke polres, bisa melapor disini (giat Jumat curhat,red).



La Hadia sedikit bercanda bahwa acara Jumat curhat hari ini tidak ada  lagi disediakan air minum, kue kue dan lainnya karena kami semua lagi puasa.


"Kira kira ada juga pemuda yang mabuk mabukan meski bulan puasa,"tanya Kasat Bimas Polres Muna."Kalau ada laporkan ke kami nanti kita tindaki,"ungkapnya.


Wakapolres Kompol Anggi AP Siahaan SH SIK MH mengatakan bahwa Jumat curhat hari ini itu lebih pada masalah kantibmas, itu semaksimal.mungkin kita tangani. Kalau ada ribut ribut atau tindakan yang dapat mengganggu kantibmas namun ragu untuk menegur, maka silahkan hubungi nomor yang sudah diberikan dari Polres Muna.


"Nomor yang dimaksud itu Pak Kapolres sendiri yang pegang. Tinggal hubungi saja,"sebut Wakpolres Muna.


Salah seorang warga bernama Nasari bertanya langkah apa yang harus di lakukan jikalau ada yang ribut ribut di mesjid.  Karena kalau kita sendiri yang lakukan akan lebih parah . 


"Kedua masalah KDRT. Kalau selama ini kami laki laki yang memukul, terus kalau perempuan yang pukul laki laki, itu bagaimana,,"katanya.


Wakapolres menjawab kalau ada yang ribut ribut di mesjid, kami harus hadir disitu. Tinggal dihubungi saja nomor yang sudah diberikan

 Baik nomornya Pak Kapolres maupun nomor HPnya  Pak Ferry.


"Namun sebelum teleponn di nomor pak Kapolres, sebaiknya telepon dulu nomornya pak Ferry,  karena Ferry  Babinkamtibmas di Desa Lagasa,"ungkapnya.


Soal KDRT yang dilakukan perempuan, lanjut Wakpolres Muna bahwa menurut sepengetahuannya bahwa kalau bapak ibu masih makan nasi bisa diadukan. Artinya itu bukan unsurnya siapa yang pukul siapa. Tapi siapa saja bisa diadukan.


"Inilah susahnya kita laki laki. Kalau perempuan itu emansipasi wanita. Tapi yang namanya KDRT,   itu tidak mesti laki laki. Tapi juga bisa wanita,"jelasnya.


Kemudian salah satu cara untuk menghindari KDRT perempuan,  Ibu ibu kalau ada suaminya yang pulang dalam keadaan mabuk, terus lagi marah dan emosi,  maka jangan langsung ditindaki. Tapi adukan ke tokoh tokoh masyarakat agar dapat diselesaikan baik baik. Jangan ambil langkah sendiri. 


Intinya situasi Kamtibmas secara menyeluruh. Makanya kami berikan nomor HP Babinkamtibmas dan nomor HP orang nomor satu di Polres Muna yakni Bapak Kapolres.


"Tapi pesan kami adalah sebelum menghubungi nomor tersebut, tolong perkenalkan dulu diri. Ini dari siapa dan dari kelurahan mana dan apa masalahnya yang mau dilaporkan. Sebab, kalau tidak disebutkan namanya kadang kala ada juga yang iseng iseng. Makanya sebelum telpon kirim pesan dahulu perkenalkan diri dari siapa baru sampaikan infonya,"katanya.


Salah seorang tokoh agama, Asnawir hanya meminta kepada Wakapolres Muna agar dapat membantu menurunkan anggotanya untuk lakukan pemantauan anak anak muda yang berkendaraan pakai knalpot bogar saat shalat tarawih berlangsung.  Serta anak anak yang mabuk mabukan selama berjalan bulan ramadhan.


Wakapolres secara tegas mengatakan bahwa timnya sudah bekerja. Ini semua tak lepas dari informasi dari masyarakat melalui nomor HP yang sudah Polres sebar ke masyarakat saat giat Jumat curhat.


"Contohnya ada anak anak lagi balap balapan di SOR, ada yang laporkan ke kami, maka saat itu juga langsung turun lapangan. Dan langsung ditindaki,"sebutnya.


Dalam acara tersebut turut hadir Kabag Ops Polres Muna AKP MUH. OGEN, S.H., M.M,  Kabag Log Polres Muna AKP LA ODE GIA, Kasat Binmas Polres Muna AKP LA HADIA, Kasat Intelkam Polres Muna IPTU MUH. SYAHRUL RAMADHAN, A.Md., Kasiwas Polres Muna IPTU PANIRAN. Kanit Kamsel Lantas polres Muna,  Ipda Andi Sry, KBO Reskrim, Ahmad Sudarminto,  KBO Resnarkoba, Mudabbir Daming (Udin Yaddi)


 

1 komentar:

  1. Kegiatan bagus. Rakyat jangan lawan Polisi, polisi juga jgan mancing perlawanan rakyat.

    BalasHapus

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)