Rambi Wuna Ikut Lomba Meriahkan HUT Proklamasi RI di Muna Barat - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

09 Agustus 2022

Rambi Wuna Ikut Lomba Meriahkan HUT Proklamasi RI di Muna Barat



MUNA BARAT, suarakpk.com -


Dalam rangka memeriahkan HUT Proklamasi RI ke 77, Pemerintah Kecamatan Napano Kusambi Kabupaten Muna Barat,  menggelar  pertandingan dalam bidang Seni dan Olah Raga.


Seluruh warga di kecamatan tersebut ikut ambil bagian. Mulai dari perwakilan Desa Desa, .Karang Taruna, Mahasiswa, Puskesmas, Paud/TK, SD, SMP, SMA/SMK.


Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 8 Agustus 2022 sampai dengan tanggal 18 Agustus 2022. Menurut Ketua Panitia Jalil Aswak kegiatan lomba olahraga antara lain : Sepak Bola, Tenes Meja, Catur, Bola Gotong, Karnaval TK/Paud.


Sedangkan seni yaitu Rambi Wuna yang akan diikuti oleh Remaja.dan Dewasa. Sekedar diketahui bahwa kesenian Rambi Wuna ini sengaja digelar karena bagian dari himbauan Bapak PJ Bupati DR Bahri.


"Rambi Wuna ini juga kami sudah bicarakan diinternal tokoh adat dan tokoh masyarakat dengan asumsi karena melihat kondisi zaman sekarang ini banyak generasi muda atau sebagian orang dewasa sudah tidak mengetahui lagi memainkan seni ini "gong dan gendang",jelasnya. 


Padahal ini merupakan tradisi sejak dulu dari Nenek Moyang kita. "Sehingga itu perlu dilestarikan,"ungkap Camat Napano Kusambi Burhanuddin, S. Pd. M. Si, pagi ini.


Selain itu juga ada lomba hiburan yaitu Lari estavet sarung suami istri. "Kalau lomba ini kami pilih para Kepala Desa dan perangkat. Karena ada juga lomba gerobak istri. He he he," Kata Burhanuddin.


Dirinya mengajak kepada seluruh warga masyarakat yang ada di Kecamatan Napano Kusambi untuk mengedepankan silaturrahmi, Kekompakan dan Kebersamaan dalam pertandingan. 


"Oke, juara itu harapan semua orang. Tapi kan juara bukan menjadi yang utama namun terlebih lagi harus mengedepankan jiwa sportivitas dalam bertanding,"ungkapnya.


Dirinya juga sangat  mengharapkan kepada panitia untuk bekerja aktif dan efisien untuk mengatur semua pertandingan dengan baik


"Terlebih lagi kepada Wasit dan Juri pertandingan untuk bersikap netral dan konsisten sesuai aturan yang berlaku serta hasil tehnikal meeting panitia dan tim manajer,"pungkasnya. (Udin Yaddi)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)