Puskesmas Sonokidul Adakan GERMAS Bersama Lintas Sektor - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

22 Mei 2022

Puskesmas Sonokidul Adakan GERMAS Bersama Lintas Sektor


BLORA, suarakpk.com - UPTD Puskesmas Sonokidul menggelar acara  Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Kegiatan tersebut dibuat guna meningkatkan kesadaran warga  tentang kesehatan, dan sosialisasi makan buah.Jumat,(20/05/2022).


Kepala Puskesmas Sonokidul, Siswanto,S.Kep.Ners, melalui Sosialisasi Germas, pihaknya juga ingin mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat. Dimana, kita semua harus cek kesehatan secara rutin, hilangkan asap roko, rajin berolahraga, Istirahat yang cukup, penuhi asupan gizi, dan kelola stres.


“Kesehatan itu mahal. Supaya bisa produktif dibutuhkan tubuh yang sehat. Untuk itu, lewat kegiatan ini kami ingin mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup sehat dengan rajin berolahraga,” ujarnya.


Acara gerakan masyarakat hidup sehat yang dilaksanakan di puskesmas Sonokidul dimulai pukul 06.00 wib diawali dengan senam, jalan sehat, sosialisasi GERMAS makan buah bersama, cek kesehatan (cek gula darah, konsultasi gizi, cek tekanan darah. Dalam acara tersebut nampak hadir Forkompincam kecamatan Kunduran Agus Listiyono, S.Sos, M.Si., Kapolsek Kunduran Polres Blora Iptu Kumaidi, Danramil 13 Kunduran   Kapten Inf Sugiyanto, kepala desa dari 9 desa yang menjadi wilayah kerja Puskesmas Sonokidul, Guru olahraga, PLKB, Kader Posyandu, dan dari Dinas kesehatan kabupaten Blora sie Promkesda Nanik Sri Mulyaningsih, S.KM, M.SI.


Terpisah, Ali Imron,S.Km., sebagai ketua pelaksana menjelaskan ,”adanya kegiatan GERMAS ini. Dengan makan Buah bersama sangat bagus dan sangat diharapkan. Karena saat ini banyak sekali penyakit yang diakibatkan dari penyakit tidak menular. Maka dari itu, kegiatan ini sangat penting sekali untuk mengingtkan masyarakat tentang penting nya Hidup Sehat, dan terhindar dari penyakit tidak menular dimana  kegiatan ini dilaksanakan untuk mengangkat tentang tema CERDIK. Yaitu diantarnya. Makan Buah, Cek Kesehatan,dan aktifitas fisik. Jadi kegiatan ini sangat diharapkan dari semua unsur. Baik dari pimpinan atas sampai masyarakat bawah,”jelasnya.


Selain itu Ali juga berharap ,”kedepannya dari pemerintah tetap menjaga kegiatan ini dengan baik, Karena kegiatan ini penting untuk selalu mengingatkan kepada seluruh masyarakat Khususnya masyarakat wilayah Puskesmas SonokidulDan besar harapan saya. Masyarakat dan semua unsur yg mengikuti kegiatan ini bisa menularkan ilmunya yang didapatkan dari kegiatan ini kepada keluarga saudara ataupun teman. Karena besar harapan kegiatan ini tidak putus di peserta yang hadir saja dan khususnya kepada peserta yang hadir  Untuk melakukan kegiatan GERMAS ini tdak hari ini saja. Tapi dari sekarang, besok, nanti dan seterusnya,” harapnya.


Sd (35), saat diwawancarai suarakpk.com terkait pelaksanaan kegiatan GERMAS di Puskesmas Sonokidul,” Saya merasa senang sekali karena saya di undang menghadiri acara ini, saya bisa mengikuti senam,jalan sehat, cek kesehatan secara gratis di puskesmas sonokidul, dan saya bisa ikut untuk donor darah,” ungkapnya.


Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan, dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. 


Aksi GERMAS ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih sehat dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat. Selain itu adapun 7 langkah Germas seperti 1.Melakukan Aktifitas Fisik,2.Makan buah dan sayur, 3. Tidak meroko, 4. Tidak Mengkonsumsi Minuman Beralkohol, 5. Melakukan cek Kesehatan berkala, 6. Menjaga Kebersihan Lingkungan, 7. Menggunakan Jamban, dalam hal ini aspek sanitasi menjadi bagian penting dari gerakan masyarakat hidup sehat.


(Dwi/Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)