Kades Pengkoljagong Maksimalkan Penggunaan Dana Pamsimas Guna Kecukupan Sumber Air Warganya. - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

12 September 2021

Kades Pengkoljagong Maksimalkan Penggunaan Dana Pamsimas Guna Kecukupan Sumber Air Warganya.

(Ketgam : pembangunan tower air)


BLORA, suarakpk.com - Dimasa musim kemarau seperti saat ini kebutuhan air bersih sangat diperlukan masyarakat desa.


Tidak kecuali masyarakat Dukuh Rejosari, kluweh, Pengkol jagong Kecamatan Jati Kabupaten Blora.


Program Pamsimas tahun 2021 di Desa Pengkoljagong dimulai pertengahan bulan Agustus. sampai saat ini progres pekerjaan pembangunan baru 65%.


Pendanaan pembagunan bersumber dari APBD, swadaya ( incash, inkind) dan sharing APBDes. menghabiskan dana kurang lebih Rp. 326.876.000.


Saat awak media suarakpk berkunjung hari Jum'at (10/09/2021) menemui kepala desa Sugiyonodi kantor kepala desa pengkoljagong menjelaskan,


Program Pamsimas di desa nya di kerjakan secara maksimal oleh desa dan tim pelaksana KKM "Sapta Pesona" bersama masyarakat baik fisik bangunan berupa sumur berjumlah 2 unit, 1 unit bendungan, ada ipas, sarana cuci tangan dimasyarakat, jamban, sarana cuci tangan di sekolahan, serta bangunan utama tower air 1 unit.


Nantinnya air dari program ini akan di salurkan di 3 dukuh yaitu Rejosari, kluwih, pengkoljagong dengan jaringan Paralon dan ditargetkan bisa memenuhi kebutuhan air bersih warga 3 dukuh sebanyak 250/300 KK.


Semua tenaga kerja lokal desa dan selalu diawasi  tim pelaksana desa dan KKM "Sapta Pesona" dan tim fasilitator Kabupaten Blora.



Sugiyono menambahkan program Pamsimas ini sangat didukung wargannya dan berpesan nanti kalau sudah jadi warga 3 dukuh ini harus ikut menjaga lingkungan sumber mata air yang berupa sumur dan bendungan di titik mata air, supaya selalu bersih dari kotoran hewan, walaupun pihak nya sudah membuat sebelum air di salurkan sudah melalui beberapa tahap penyaringan standart dari DPUPR Kab Blora, jelas Sugiyono.


Harapan Sugiyono semoga nanti kalau sudah jadi program ini  bisa mencukupi air bersih di 3 dukuh tersebut, selama ini selalu mengalami kesulitan air bersih setiap musim kemarau tiba, harapnya. 


Saat menemui JM  warga Dukuh Rejosari dirinya sangat berterima kasih kepada kepala desa dan tim Desa Pengkoljagong yang telah menjawab dan membangun kan sarana air bersih bagi warga Rejosari dan sekitarnnya, dan semoga nanti bangunan ini sangat berguna bagi warga Rejosari, kluwih dan sekitar dimusim kemarau seperti saat ini. jelasnya.


(Dwi red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)