Peresmian Candi Majapahit Icon Pengkoljagong dan Pentas Wayang Kulit Persembahan SMK Mbangun Desa - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

06 Juni 2021

Peresmian Candi Majapahit Icon Pengkoljagong dan Pentas Wayang Kulit Persembahan SMK Mbangun Desa

( Foto : Persmian icon Desa sapta Pesona Pengkol Jagong )

BLORAsuarakpk.com - Bertempat di Pendopo Kridha Manggala balai Desa Pengkoljagong, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora, pentas wayang dalang kondang Sigit Ariyanto dari  Rembang dengan sinden Teti dari Yogyakarta. Acara hari Sabtu (05/06/2021).


Kegiatan dilaksanakan dalam rangka ulang tahun yang ke 3 SMK mbangun desa, dan sekaligus peresmian candi Majapahit Prabu kalithi sebagai icon desa wisata panca pesona Pengkol jagong.


Acara di mulai jam 09.45 WIB, dengan pentas tari dari pemuda pemudi yang tergabung dalam wadah "Sanggar Tari Bolo Sewu," yang dipimpin oleh kades Sugiyono, S.Pd.


Dihadiri oleh pejabat prof. Dr. Marlock (Gus marlock) direktur FP3MKI ( Forum Peduli Pendidikan, Pelatihan Menengah Kejuruan Indonesia), kepala sekolah SMKN 1 Jati, SMK Muhamaddiyah Randublatung, ketua praja jati Agus Supriyono. 


Acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya dilanjutkan sambutan Kades Pengkol Jagong, Sugiyono sangat berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat di dalam event ini, dan sangat berterima kasih kepada Prof. Dr. Marlok yang telah mempercayai kepada desa Pengkol jagong atas Pioneer awal untuk membangun desa yang mandiri, desa maju dan unggulan.


Sugiyono menambahkan event ini Juga peresmian candi Majapahit Prabu kalithi, icon desa wisata pengkoljagong.

 

Dilanjutkan sambutan ketua Mkks Blora, diwakili  Yuswanto, M.Pd., kepala sekolah SMK 1 Jati menuturkan,


"SMK mbangun desa merupakan program yang sangat bagus, perlu kita dukung bersama karena nantinya akan membangun program unggulan di tiap SMK/SMA yang ada, seperti saat ini yang sudah ada kabupaten Blora." tutur Yuswanto.


SMK Muhammadiyah Randublatung dan SMKN 1 Blora, magang cepat yang mempunyai produk program unggulan cepat kerja, SMK mbangun desa selaras dengan program Kabupaten Blora yakni " Program 1 Desa 2 Sarjana. "


( Foto : pagelaran pentas seni wayang )

Sedangkan pentas wayang kulit dimulai pukul 10.30 WIB, pentas wayang kulit dengan dalang Sigit Ariyanto mengambil tema lahirnya wingsanggeni. dilakukan dengan prokes yang ketat oleh panitia pemdes pengkoljagong.


Nampak hadir ikut memantau lokasi Wakasek Polsek jati iptu sugiman (mewakili Kapolsek AKP Eko Pramono,S.H., M.H., ada giat ke Blora ) Kanit Intel Ipda Kasmin bersama anggotanya dilokasi, Peltu jasman, batuud Koramil 11) jati mewakili danramil AKP Chb M. Rifai ada giat di blora.


Babinsa Serka Pujianto dan Babinkamtikmas  DesaPengkoljagong Bripka Pujianto memantau pentas wayang kulit, dan selalu mengingatkan tamu undangan untuk memakai masker.


Kasi pol PP Kecamatan Jati Supriyo, S.H., bersama aggota.


Pentas wayang kulit berakir jam 15.00 WIB, kemudian dilanjutkan peresmian candi Majapahit Prabu Kalithi sebagai icon " Desa Sapta Pesona Pengkol Jagong " oleh kepala desa Sugiyono didampingi dalang Sigit Ariyanto  dan sinden Tety menggunting pita sebagai tanda persmian icon desa wisata Banyu Geni.


(Foto : Peresmian candi Majapahit Prabu Kalithi sebagai icon Desa sapta Pesona Pengkol Jagong)

Saat dikonfirmasi kepala desa Sugiyono kepada awak media menjelaskan, 


"Sebenarnya rencana pak Bupati Blora akan datang untuk meresmikan candi icon  pengkoljagong, karena acarannya bersamaan datangnya panglima, dan Kapolri ke blora, maka pak bupati Arief Rohman gak bisa datang," jelas Sugiyono.


Sugiyono menambahkan dengan diresmikannya candi yang menjadi icon Desa Sapta Pesona Pengkol Jagong, diharapkan kedepan Desa Pengkoljagong sudah siap menerima wisatawan yang akan berkunjung ke Desa Pengkoljagong saat ini obyek wisata yang siap dikunjungi, Banyu Geni, lukisan dinding yang tersebar di beberapa dukuh, dan nanti juga diadakan pentas seni, sanggar seni Bolo Sewu, dihari tertentu.


Sugiyono juga mengharapkan kepada masyarakat Desa Pengkol jagong bersama sama untuk menyukseskan program desa wisata yang nantinya akan meningkatkan penghasilan masyarakat sendiri dengan adannya kunjungan wisatawan, harap Sugiyono.

(dwi red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)