Kapolri Resmi Launching Binmas Online System Versi 2 - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

05 Mei 2021

Kapolri Resmi Launching Binmas Online System Versi 2

JAKARTA, suarakpk.com – Binmas Online System Versi 2 (BOS V2) Tahun 2021 dengan tema “IndoneSiap (Indonesia Sehati Amanah Presisi)” resmi diLaunching Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo M.Si, di Auditorium STIK, Jln. Tirtayasa 6 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

"Kami baru saja melaksanakan kegiatan launching dari program Binmas Online System (BOS) yang hari ini dilaunching oleh jajaran Baharkam Polri, khususnya rekan-rekan dari Korpbinmas," kata Listyo Sigit Prabowo saat memberikan keterangan secara virtual usai melaunching aplikasi BOS, Rabu (5/5/2021).

Kapolri menjelaskan, Binmas Online System merupakan aplikasi yang bisa dimanfaatkan atau digunakan baik secara internal ataupun eksternal.

Aplikasi BOS dapat diakses oleh masyarakat yang memerlukan pelayanan Polri. Khususnya Bhabinkamtibmas melalui Aplikasi Binmas Aparat yang dapat di Download di Play Store.

"Internal adalah bagaimana aplikasi ini digunakan untuk membuat laporan terkait dengan kegiatan-kegiatan Bhabinkamtibmas yang ada di sektor Polisi terdepan di tingkat desa," ujar dia.

Dengan begitu, terang Kapolri, seluruh informasi yang ada bisa terlapor ke pusat. Sehingga bisa disatukan dalam satu sistem big data, yang selanjutnya dapat dilakukan prediksi- prediksi oleh bidang intelijen.

"Sehingga kita bisa melakukan perkiraan-perkiraan terkait dengan masalah- masalah gangguan kamtibmas yang akan terjadi," jelas dia.

Kapolri berharap, aplikasi bisa mendukung upaya untuk melaksanakan program kepolisian yang prediktif.

Menurut dia, aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan masyarakat untuk berinteraksi dan mendapatkan informasi, serta memberikan laporan terkait kamtibmas.

"Kedepan ini akan kita integrasikan dengan kementerian dan lembaga yang lain, sehingga ini menjadi suatu sistem aplikasi informasi pelayanan yang terintegrasi," kata Kapolri.

Sementara, dalam sambutannya, Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen. Pol. Drs. Arief Sulistyanto, M.Si menuturkan bahwa kegiatan tersebut dilakukan rangka mewujudkan program prioritas Kapolri di bidang peningkatan pelayanan publik yang lebih mudah bagi masyarakat dan berbasis TI.

Selain itu, dia menjelaskan mengenai manfaat dari aplikasi Binmas Online yaitu sebagai sarana dan prasarana kegiatan Babinkamtibmas di lapangan, baik untuk sumber informasi, petunjuk dan arahan dari pimpinan atau dari sumber lainnya.

“Aplikasi ini diluncurkan sebagai fungsi kontrol kinerja Babinkamtibmas dalam pendekatan, pelayanan kepada masyarakat yang berbasis TI di era milenial,” tutur Kabaharkam Polri.

Di sisi lalin, Ketua Umum FKDB, H. Ayep Zaki, S.E yang hadir sebagai Mitra Kerja Polri sebagaimana kesekapatan Kerjasama yang ditandatangani pada bulan September 2020 lalu memberikan apresiasi kepada Polri atas di Launching-nya Binmas Online System Versi 2 (BOS V2) Tahun 2021 tersebut dan bertepatan dengan Ulang Tahun Bapak Kapolri, hari ini menjadi moment yang sangat spesial, Ayep Zaki dan segenap keluarga besar FKDB mengucapkan Selamat Ulang Tahun yang ke 52 untuk Bapak Kapolri, semoga senantiasa sehat, sukses, dan panjang umur.

Ayep Zaki juga berharap kepada setiap Babinkamtibmas agar mampu memanfaatkan teknologi informasi sehingga mempermudah tugas-tugasnya untuk membantu masyarakat di Desa binaan.

“Dengan teknologi ini, selain dapat diakses oleh masyarakat yang memerlukan pelayanan polri khususnya Babinkamtibmas, tentunya akan memudahkan tugas Babinkamtibmas untuk bisa menanggapi perkembangan informasi apapun yang ada di Desa binaannya dengan respon cepat” tutup H. Ayep Zaki. (red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)