Tegas, Kapolda Jateng Minta Pemudik Lebaran Ke Jateng Untuk Putar Balik - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

15 April 2021

Tegas, Kapolda Jateng Minta Pemudik Lebaran Ke Jateng Untuk Putar Balik

MAGELANG, suarakpk.com – Dalam upaya mengantisipasi pemudik yang bandel, Polda Jawa Tengah akan menyekat 14 pintu masuk ke wilayah Jawa Tengah.

Sebagaimana dituturkan Kapolda Jateng, Irjen Ahmad Luthfi siang tadi, Kamis (15/4/2021), di Hotel Grand Artos Magelang, bahwa ke 14 pintu masuk itu sejak saat ini juga sudah dijaga polisi.

"Khusus pintu masuk ada 14 titik penyekatan. Jadi titik pintu masuk wilayah Jawa Tengah itu dari mulai Brebes sampai ke perbatasan Jawa Timur," tutur Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi.

Selain itu, dikatakan Kapolda, bahwa untuk penyekatan pintu masuk ke Jawa Tengah tetap akan disosialisasikan kepada masyarakat.

Ditandaskan Kapolda, bahwa untuk mengantisipasi pemudik lebaran 2021, Polda Jateng bakal menggelar Operasi Ketupat Candi 2021.

“Operasi ini berlangsung sejak H-7 dan H+7 Lebaran,” tandasnya.

Diungkapkan Luthfi, bahwa Polda Jateng melakukan penyekatan dan menyiagakan personil untuk sosialisasi larangan mudik untuk mencegah kenaikan kasus virus Corona, pasalnya, Jateng merupakan daerah yang menjadi salah satu tujuan pemudik saat Lebaran.

"Kita semuanya tahu bahwa Jateng akan menjadi sentral mudik Lebaran, oleh karena itu jauh-jauh hari khususnya jalur yang akan dilintasi baik tol maupun tidak tol. Kita lakukan kegiatan-kegiatan kepolisian yang sifatnya edukasi, kemudian peringatan dan sebagainya dengan prinsip protokol kesehatan dan prioritas. Diharapkan nantinya endingnya bahwa Jawa Tengah tetap terkendali terkait dengan penyebaran COVID-19," ungkapnya.

Ditegaskan Luthfi, bahwa anggotanya yang bersiaga di pintu masuk ke Jateng tak akan segan meminta para pemudik untuk putar balik. Terlebih bagi kendaraan dengan pelat nomor luar kota.

"Mereka (personel) sudah kita drill, jadi kalau lintas batasnya hanya di wilayah yang kira-kira se-kota itu dimungkinkan masyarakat tidak mudik, tapi hanya antarkerja. Tapi kalau durasinya adalah pelat nomor yang jauh dari wilayah kita (Jateng) pasti mudik. Perintahnya nggak ada lain kecuali harus kembali (putar balik)," tegasnya.

Luthfi menjelaskan, bahwa saat ini personel polisi sudah bersiaga di sentral-sentral pos yang sudah ada, dengan tugas mengedukasi masyarakat terkait larangan mudik saat lebaran.

"Sekarang kita siapkan di tempat sentral-sentral pos, sudah mulai kita pasangi anggota polisi mengadakan edukasi duluan sebelum diberlakukan Operasi Ketupat," pungkasnya. (Ajie/Yanto/Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)