Plt Gubernur Kalteng Kunker Jawa Timur - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

21 November 2020

Plt Gubernur Kalteng Kunker Jawa Timur

FOTO : Plt Gubernur Kalteng, Habib Ismail Bin Yahya melakukan pertemuan dengan pihak Balittas di Desa Kepuharjo, Malang, Jawa Timur.


JAWA TIMUR, suarakpk - Plt Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Provinsi Timur. Kunker tersebut dalam rangka mengunjungi Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas) yang berada di Desa Kepuharjo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat (20/11/2020).


Tiba di Balittas, Plt Gubernur beserta rombongan disambut langsung oleh Kepala Balai Titik Sundari beserta jajarannya. Pada kesempatan tersebut, digelar pertemuan antara Plt Gubernur dengan pihak Balai.


Dalam pertemuan tersebut, Habib Ismail Bin Yahya mengungkapkan maksud kedatangnya beserta rombongan ke Balittas adalah ingin menambah wawasan dan pengetahuan mengenai potensi atau prospek dari pabrik gula yang ada di Balittas.


"Kami di Kalimantan Tengah memang sudah ada rencana pabrik gula di daerah Kabupaten Kotawaringin Timur, yang sekarang ini sudah mulai berproses. Jadi kami datang ke sini adalah ingin menimba ilmu dan ingin tahu ke depannya potensi atau prospek dari pabrik gula ini". Ucap Habib Ismail Bin Yahya.


Plt Gubernur Kalteng juga mengutarakan bahwa Presiden RI Joko Widodo telah mempercayakan Kalteng sebagai program ketahanan Pangan Nasional yaitu program Food Estate yang merupakan konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan bahkan peternakan di suatu kawasan. Habib Ismail Bin Yahya mengharapkan dukungan dari Balittas untuk mensukseskan program Pemerintah Pusat tersebut .


"Kami minta kiat-kiatnya, apa saja yang perlu kami persiapkan, agar tanaman ini bisa benar-benar menjadi komoditas andalan kami, dari sekarang hingga masa yang akan datang". Tutur Plt Gubernur.


Kedatangan Plt Gubernur beserta rombongan disambut baik oleh pihak Balittas yang bersedia memberikan informasi tentang pengembangan tanaman tebu yang ada di Balittas. Kepala Balittas Malang Titik Sundari menerangkan bahwa pengembangan tanaman tebu memiliki prospek cukup menjanjikan, mengingat produksi gula dalam negeri masih sangat kurang. Pada tahun 2019, kebutuhan gula Nasional itu 5,8 juta ton, untuk kebutuhan konsumsi itu 2,8 juta ton dan untuk industri ada 3 juta ton. Sementara, produksi nasional kurang lebih mencapai 2,2 juta ton, sehingga masih defisit sekitar 3,6 juta ton.


Titik Sundari juga memberikan informasi mengenai peningkatan produktivitas gula dan tanaman tebu dan juga terkait pendirian pabrik gula baru. Turut hadir mendampingi Plt Gubernur Kalteng diantaranya Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM Herson B Aden serta sejumlah Kepala Perangkat Daerah Kalteng. (hms/nto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)