Pelatihan aplikasi eDMC bagi relawan gugus tugas desa,di kecamatan Darul Aman - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

13 Agustus 2020

Pelatihan aplikasi eDMC bagi relawan gugus tugas desa,di kecamatan Darul Aman

Muspika kecamatan Darul Aman laksanakan pelatihan aplikasi eDMC.


Aceh Timur/Suarakpk com-Relawan Gugus Tugas Desa mengikuti pelatihan aplikasi Desa Melawan Covid-19 (eDMC),Kamis  (13/8/2020) yang diselenggarakan oleh Muspika Kecamatan Darul Aman Idicut, Kabuputen Aceh Timur di aula kantor camat setempat.


Relawan Gugus Tugas Desa Penanggulangan COVID-19 yang ditunjuk sebagai operator akan menggunakan aplikasi eDMC untuk mendukung pemerintah desa dalam  upaya pencegahan penyebaran Covid-19,pendampingan desa dan pemantauan sosial penyelenggaran program-program penanganan dampak Covid-19.


Pelatihan dibuka oleh camat (T.muyazir,S.STP), pada pukul 09.45 WIB dengan diikuti 45 Operator Desa se-kecamatan Darul Aman  yang masuk sebagai Relawan Gugus Tugas Desa Penanggulangan Covid-19 dan di hadiri oleh TA Kabuputen Muhtar


Yang bertindak sebagai pemateri menyampaikan  penggunaan aplikasi eDMC adalah Muhajirin dari tenaga ahli Provinsi.


Operator Relawan Gugus Tugas Desa dibimbing mengunduh dan menginstal aplikasi eDMC dari Google Play Store. Setelah aplikasi terinstal operator melakukan registrasi menggunakan kode desa (ID Desa) masing-masing. Tugas operator gugus tugas selanjutnya menginput  tugas persiapan yang meliputi isian data dasar tingkat desa sampai tingkat dusun.


Aplikasi eDMC-19 ini membantu tim relawan desa dalam melaksanakan kegiatan dan aktifitasnya, serta memberikan edukasi dan informasi secara real time tentang Covid-19 kepada Pemerintah Daerah, Provinsi dan Pusat dalam menentukan kebijakan penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19.


Pengguna dari aplikasi eDMC-19 ini adalah kepala desa untuk memonitor proses dan hasil penginputan data sekaligus mengetahui kondisi desa dan Operator untuk menginput data pada aplikasi.


Fitur-fitur Aplikasi eDMC diantaranya adalah Kegiatan Gugus Tugas, Pemantauan Desa (Laporan Mingguan, Bulanan dan 3 Bulanan), Diagnostik, Media, dan Dukungan Kesehatan, Pendampingan dan Teknis. Dalam setiap fitur-fitur yang ada terdapat beberapa isian yang harus diisi oleh operator aplikasi.


Fitur Kegiatan Gugus Tugas terdapat isian kegiatan apa saja yang sudah dilakukan oleh relawan kalurahan dalam upaya pencegahan dan penanggulangan covid-19. Fitur Media menyajikan informasi mengenai media tentang Covid-19, ontoh-contoh kegiatan relawan desa,dalam fitur ini dapat dibagikan ke masyarakat. Fitur Pemantauan Desa menyajikan tentang laporan mingguan untuk setiap laporan bulanan Fitur Diagnostik untuk mengetahui data kerawanan desa.ujarnya.(Dd)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)