Desa Karangdowo Raih Juara 1 Kearsipan Tingkat Kabupaten - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

14 Agustus 2020

Desa Karangdowo Raih Juara 1 Kearsipan Tingkat Kabupaten

KENDAL, Suarakpk.com -  Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus)  Pemkab Kendal menyelenggarakan lomba kearsipan  yang dilaksanakan melalui tiga tahap, yakni yang pertama masuk 10 besar, kemudian dilanjutkan 6 besar dan selanjutnya juara satu, dua dan tiga.
Team juri terdiri dari kearsipan, Dipermades dan  kabag  Pemerintahan yang dilakukan secara langsung datang ke Pemerintahan Desa di 20 Kecamatan.
Hal tersebut diungkapkan Siti Nurzana selaku kaur umum dan tata usaha  kepada awak media suarakpk.com dikantornya  kamis (13/8/2020) kemaren setelah menerima penghargaan dari Ka. Bid. Kearsipan Dinarpus kabupaten  Kendal.
Selain itu kepada suarakpk Nurzana juga menjelaskan bahwa kearsipan bertujuan untuk memupuk rasa kecintaan terhadap tanah air, bangsa dan negara serta meningkatkan peran aktif mewujudkan penyelenggaraan arsip.
“Kesadaran pengelolaan arsip harus ditumbuhkan sejak dini , kami mencoba melakukannya secara continue untuk  mempermudah ketataruangan dan mudah-mudahan kita dapat wujudkan sosialisasi peningkatan pemahaman kearsipan secara sederhana di tingkat desa,"jelasnya.
“Arsip tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari manusia , Secara esensial, arsip adalah informasi yang terlahir dari setiap kegiatan yang dilakukan manusia, baik itu berupa dokumen, rekaman suara, gambar maupun video,”imbuhnya.
Zana juga mengatakan bahwa hal mendasar yang membedakan arsip dari informasi lain adalah nilai kebuktian.
"yang sangat diperlukan bagi setiap kehidupan, mulai dari perorangan, aktivitas pemerintahan bahkan sampai kehidupan berbangsa dan bernegara," tuturnya.
Lebih lanjut menurut Zana, keterlibatan personal setiap warga masyarakat terhadap upaya menjaga arsip dengan sebaik mungkin merupakan ujung tombak menjaga informasi di dalam arsip tersebut.
"Alkhamdulillah untuk lomba kearsipan ini, Juara pertama di pegang oleh Desa Karangdowo kecamatan Weleri, yang ke 2 Desa Gondang kecamatan  Limbangan, ke 3 Desa Rowobranten , kecamatan Ringinarum, Selanjutnya untuk juara harapan 1 dipegang oleh Desa Kutoharjo ,  kecamatan Kaliwungu, juara harapan 2 Desa Tanjungsari kecamatan Rowosari dan juara harapan 3 adalah Desa Pagerdawung kec.Ringinarum,"pungkasnya. (Beki/red).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)