SMK Negeri 1 Tengaran Terapkan Protokol Kesehatan Dalam Kegiatan MPLS 2020 - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

13 Juli 2020

SMK Negeri 1 Tengaran Terapkan Protokol Kesehatan Dalam Kegiatan MPLS 2020


KAB.SEMARANG, suarakpk.com – Proses pendidikan di Kabupaten Semarang dalam situasi Pandemi Covid 19 sekarang ini telah dimulai. Hal tersebut terlihat dalam kegiatan masa pengenalan lingkungan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Tengaran yang terletak di Jalan Darun Nai'im Karangduren, Kec.Tengaran, Kab.Semarang.
Sebagaimana dituturkan Kepala Sekolah SMKN 1 Tengaran, Haris Wahyudi, S.Pd.,M.Pd., bahwa Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMKN 1 Tengaran, dilaksanakan dengan metode kombinasi.
“Jadi tatap muka dan online untuk anak anak itu, masuk seminggu hanya sekali digilir dan dijadwal, sehingga masih  memenuhi standar protokol kesehatan dalam pencegahan Covid 19,” tutur haris saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (13/7).
Dijelaskan Haris, bahwa jumlah siswanya yang masuk tiap hari, sekitar seratus sampai seratus empat puluh anak, untuk dikenalkan dengan lingkungan sekolah dan kurikulumnya, kemudian tata tertibnya, guru gurunya dan lingkungan sekolahnya.
“Untuk peserta jumlahnya 666 peserta didik, yang terdiri dari enam jurusan yaitu, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif sebanyak 143 Siswa, Teknik bisnis dan Sepeda Motor sebanyak 137 Siswa, Rekasa perangkat Lunak sebanyak 141 Siswa, Teknik Komputer dan Jaringan sebanyak 171 siswa, Tata Busana sebanyak 105 siswa dan Tata Boga sebanyak 69 siswa,” jelasnya.
Sementara terkait dengan kegitan pembukaan, dikatakan Haris, dilakukan hari ini Senin (13/7/2020) yang ditayangkan langsung melalui Vidio Straiming Youtube.
“Sehingga anak anak yang tidak masuk dijadwalkan hari ini bisa menyaksikan pembukaan di rumah,” kata Haris.
Diungkapkan Haris, bahwa setelah itu menyampaikan materi kurang lebih sekitar dua jam dan selebihnya anak anak mendapatkan penugasan secara onlene dari rumah.
“Pengetahuanya tentang pembelajara jarak jauh, di sini akan dilantih untuk menggunakan Gogle kelas room, sehingga nanti setelah masa pengenalan masa sekolah ini langsung dilakukan dengan pembelajaran secara online,” ungkapnya.
Ditandaskan Haris, bahwa hal tersebut sebagai upaya mendukung kebijakan kebijakan Pemerintah Pusat tentang pencegahan penularan wabah penyakit Covid 19.
“Sehingga sekolah kita mengikuti protokol kesehatan, baik dalam masa pembelajaran, maupun dalam pelaksanaan pengenalan lingkungan Sekolah,” tandasnya.
Menurut Haris, bahwa dalam kegiatan proses pendidikan di sekolah, dirinya mengangkat tema, “Belajar untuk masa depanku, Belajar tanpa batas ruang dan waktu”.
“Hal ini memberi pengertian pada anak didik, bahwa biasanya sekarang, belajar tidak menyadari sekolah, guru bukan satu satunya sumber ilmu, tapi mereka bisa belajar dari rumah, dari manapun, kapanpun untuk mengembangkan pengetahuanya,” ucapnya.
Lebih lanjut, Haris mengatakan, untuk tatap muka masa pengenalan lingkungan sekolah akan berahir besok hari jumat (17/7/2020).
“Jadi selama lima hari, selanjutnya siswa bisa melaksanakan pembelajaran,” kata Haris.
Ditambahkan Haris, pada MPLS ini siswa diberi masker dari sekolahan, yang merupakan karya dari siswa jurusan busana.
“Jadi jurusan busana membuat kurang lebih 2.000 masker untuk dibagikan pada seluruh siswa dan warga sekolah, ini juga dalam rangka pencegahan penularan Wabah Covid 19,” tambahnya.
Ditegaskan Haris, bahwa dalam kegiatan MPLS, sekolahannya juga menerapkan protokol kesehatan.
“Antara lain, setiap pagi sebelum masuk dicek suhunya, kemudian cuci tangan di tempat yang sudah disediakan Sekolah,” pungkas. (Erwanto/Ustanul Mahasin/red)

1 komentar:

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)