Dinyatakan Reaktif Covid-19, 11 Kepala OPD Kabupaten Kendal Diisolasi di Wisma Atlet - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

30 Mei 2020

Dinyatakan Reaktif Covid-19, 11 Kepala OPD Kabupaten Kendal Diisolasi di Wisma Atlet

KENDAL, suarakpk.com – Sebanyak 11 orang dari 55 Kepala OPD Pemerintah Kabupaten Kendal, dinyatakan reaktif Covid-19. Hal tersebut didasarkan dari hasil rapid test pada Selasa (26/5) di Pendopo Bahurekso Kabupaten Kendal.
Diperoleh informasi, 11 Kepala OPD yang reaktif tersebut langsung dilanjutkan dengan tes usap tenggorokan atau Swab test dan hingga berita ini diturunkan, saat ini, 11 orang tersebut menjalani isolasi di Wisma Atlet di Stadion Utama Bahureko Kendal.
Dituturkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kendal, Mohammad Toha, bahwa pihaknya sedang menunggu hasil swabs test.
“Saat ini kami sedang menunggu hasil swab test. kemungkinan keluar hasilnya 3-4 hari lagi," tutur Toha, Kamis (28/05/2020)
Toha enggan menyebutnya perihal siapa 11 nama dan bertugas di OPD mana saja. Sebab mereka yang dinyatakan reaktif belum tentu positif Covid-19.
“Sebab rapid test merupakan penyaringan awal saja untuk mengetahui kondisi tubuh. Apakah ada produksi imun dalam jumlah banyak atau tidak,” katanya. 
Namun, ditandaskan Toha bahwa untuk mendiagnosis seseorang terinfeksi Covid-19 atau tidak, hasil pemeriksaan swab dengan Polymerase Chain Reaction (PCR) lah yang digunakan.
“Jadi hasilnya masih menunggu Swab Test yang hasilnya keluar 3-4 hari lagi,” tandasnya.
Dijelaskan Toha, ke 11 Kepala OPD tersebut awalnya akan dirawat dan diisolasi di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) yang berada di Rusunawa Kebondalem. Tapi karena kondisinya sudah penuh, maka terpaksa diisolasi di Wisma Atlet yang sementara waktu ini tidak digunakan.
“Di RSDC Kendal sendiri, saat ini tengah merawat 36 pasien. Mereka merupakan hasil dari Rapid Test yang dilakukan Tim Gugus Tugas Covid-19 jelang lebaran lalu. Enam diantaranya sudah pulang karena hasil Swab Test negatif,” jelasnya.
Sementara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kendal, Ferinando Rad Bonay mengungkapkan bahwa Rapid test diadakan karena Kepala OPD sangat rentan mengingat aktivitasnya banyak berhubungan dengan masyarakat.
“Jadi harus dipastikan kondisinya sehat,” ungkap Ferinando.
Ditambahkan Feri, yang menjalani Rapid Test diantaranya 55 Kepala OPD adalah Kepala Dinas, Kantor dan Badan hingga 20 camat di Kendal.
“Kepala Dinas hingga camat menurutnya banyak berhubungan dengan masyarakat. Sebab mereka OPD pelayanan masyarakat sehingga harus dipastikan kondisi sehat. Kami diperintahkan oleh Bupati untuk melaksanakan Rapid Test," pungkas Ferinando. (002/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)