Desa Bekutuk Musdes Validasi Dana BLT Perubahan DD Tahun 2020 - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


10 Mei 2020

Desa Bekutuk Musdes Validasi Dana BLT Perubahan DD Tahun 2020

BLORA, suarakpk.com – Dalam upaya menyikapi Bantuan Langsung Tunai (BLT) dampak Covid 19 yang bersumber dari Dana Desa (DD), beberapa waktu lalu, Selasa,(28/04/2020), Pemerintahan Desa Bekutuk, Kecamatan Randublatung, Kabupaten Blora, menggelar Musyawarah Desa (Musdes)  di Pendopo Desa Bekutuk.
Musdes yang juga dihadiri oleh Kasi Kesra Kecamatan Randublatung, Kepala desa Bekutuk,
Babinsa, Bhabincamtikmas, LKMD, BPD, Kepala dusun, Perangkat Desa, serta RT, RW dan tokoh masyarakat desa.
Sebagaimana dituturkan Kepala Desa Bekutuk Kholil, bahwa Musyawarah Desa tersebut untuk membahas warga yang nantinya diberikan bantuan BLT dari dana desa yang tepat sasaran.
“Kepada RT, RW, supaya mendatangkan warganya yang belum dapat bantuan sama sekali dari PKH, BNPT, supaya diusulkan ke desa segera, agar pihak desa bisa kroscek ulang ke lapangan nantinya,” pintanya.
Dikatakan Kholil, bahwa Dana Desa diperuntukan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) dikarenakan adanya virus covid 19 yang mengganggu ekonomi  dan dampak penyebaran virus corona. Sehingga dirinya berharap dari hasil musyawarah desa validasi pendataannya.
“Saya mohon benar-benar tepat sasaran, untuk antisipasi munculnya kecemburuan sosial di masyarakat,” katanya.
Dengan hasil musyawarah tersebut, Kholil kembali berharap bahwa data penerima yang telah disepakati sudah sesuai musdes validasi BLT Dana Desa Bekutuk.
“Calon penerima utamannya, warga miskin bisa untuk janda tua atau lansia, juga bisa diperuntukan ke keluarga yang kehilangan pekerjaanya, tidak punya penghasilan atau sakit menahun/kronis, kalau itu telah di sepakati Murdes, tentu bisa dimasukan data penerima BLT," ucap Kades.
Kholil menambahkan serta menghimbau warga masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan diri sendiri, kesehatan diri dan keluarga, sering cuci tangan, hindari kerumunan.
“Untuk saat ini dari anjuran pemerintah menjalani Sholat Tarwih dirumah masing-masing, sehingga dapat memutus rantai penyebaran wabah pandemic,” imbuhnya.
Sementara, Kasi kesra desa Bekutuk, Mulyono, mengharapkan, semua yang hadir dalam Musdes validasi, dapat saling bekerjasama dalam pengumpulan data calon penerima BLT pengalihan Dana Desa Bekutuk dampak virus covid 19 ini, benar benar warga yang berhak.
“Jangan ada doble, yang sudah dapat PKH, BNPT, jangan dimasukan menjadi calon penerima BLT ini,” harapnya.
Lebih lanjut, Mulyono menjelaskan, bahwa Pemerintah Pusat sudah membuat kebijakan terkait Dana Desa untuk bisa dianggarkan BLT sesuai anggaran pagu desa masing masing.
“Sehingga bisa membantu meringankan warga yang terdampak covid-19 dengan upaya pencegahan dan penanganan  terhadap dampak Corona,” pungkasnya. (Dwi/Red).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komedi