Baitul Mal dan Dinsos Aceh Timur kunjungi rumah kakek Sudarman - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


12 Mei 2020

Baitul Mal dan Dinsos Aceh Timur kunjungi rumah kakek Sudarman

Aceh Timur/suarakpk com-Sudarman kakek berumur 88 tahun yang tinggal di rumah rakitan, di Dusun Peutua Abbas Desa Paya Peulawi Kecamatan Birem Bayeun Aceh Timur.Selasa (12/5/2020).
Disebut rumah rakitan karena rumah yang beliau tempati dibuat dari batang-batang kayu yang dipotong-potong sebagai tiang penyangga dengan dilapisi plastik-plastik sebagai dinding dan daun-daun kelapa dan sebagainya dikumpul dan digunakan sebagai atap rumah tempat ia berteduh.
Rumah tersebut dibuat di salah satu kebun milik warga, sehari-hari beliau bekerja sebagai petani sayur dikebun tersebut. kebun itu bukan miliknya namun keseharian untuk memenuhi kebutuhan hidup beliau bertani sayur di situ.

Oleh warga setempat karena merasa kasihan kepada si kakek yang hidup sebatang kara dirumah tak layak huni tersebut sering mereka mengantarkan makanan kepada si kakek. Sudarman hidup sebatang kara tanpa ada anak istri bahkan saudara pun beliau tidak ada.

Tak lama setelah mendapat kabar dari masyarakat melalui pesan Whatsapp.  Pemerintah Kabupaten Aceh Timur melalui Baitul Mal dan Dinas Sosial didampingi Pdp PKH dan TKSK Birem Bayeun segera turun ke lokasi.

Rombongan dalam kunjungan tersebut juga diikuti oleh Polsek Birem Bayeun dan perangkat desa setempat.

Dinas Sosial Aceh Timur diwakili oleh Kabid Rehabilitasi Sosial, Iskandar, S.Kom menyebutkan bahwa telah mengumpulkan data dan telah difevikasi serta didapati kebenaran bahwa Kakek Sudarman sudah pernah mendapatkan bantuan rumah dhuafa dana perumahan rakyat pesisir dari Kementerian tahun 2013, lalu tahun 2018 Kakek Sudarman butuh uang untuk pulang kampung maka rumah tersebut dijual kepada salah satu warga. karena dibayarnya cicilan maka uang tersebut habis dan akhirnya si kakek tinggal dikebun tersebut karena tidak mempunyai rumah lagi.

Sementara itu Kepala Baitul Mal Aceh Timur, Tgk. H. Hasanuddin, SE didampingi Sekretaris, Zairi, S.Sos.I menyebutkan kita sudah memberikan sedikit bantuan sembako kepada kakek Sudarman semoga bisa bermanfaat, dan rumah yang telah dijual tersebut akan kita beli kembali dengan harga yang sama dan kita serahkan kembali kepada Kakek Sudarman dan Alhamdulillah mulai malam ini kita pastikan Kakek Sudarman sudah bisa menempati kembali rumah tersebut, dan rumah rakitan itu sudah kita bakar tutup Tgk. Hasan.

Dengan haru Kakek Sudarman berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Timur karena telah memperoleh kembali rumahnya.(Dd)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komedi