Tokoh Kalteng : H. Rasyid Asli Orang Dayak - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

06 Februari 2020

Tokoh Kalteng : H. Rasyid Asli Orang Dayak


PALANGKARAYA, suarakpk.com - Pembicaraan hangat di masyarakat mengenai perkebunan sawit PT. SML, perusahaan media Borneo News dan Palangka Pos yang dipertanyakan pihak tertentu terus berkembang. Salah satunya adalah siapa pemilik ketiga perusahaan itu, hingga tersebutlah nama H. Abdul Rasyid AS.
Mengenai hal ini beberapa tokoh masyarakat di Kalteng merasa perlu angkat bicara. Salah satu sahabat dari H. Abdul Rasyid, yaitu ibu Enon Maseh atau dikenal dengan Indu Lawit belum berapa lama ini, Rabu (5/2), berkomentar, “Adalah tidak berdasar dan menyesatkan jika orang-orang di PT.SML, Borneo News dan Palangka Pos akan mengadu sesama Dayak, itu tidak benar.” ujar Indu Lawit.
Dirinya mengaku, mengetahui betul bahwa Rasyid lahir dari keluarga Dayak yang berasal dari Tumbang Gugup, Kecamatan Suling Tambun, Kabupaten Seruyan, Suku Dayak Ot Danum mereka itu.
Menurutnya, di daerah asal mereka keluarga H. Abdul Rasyid bahkan masih memelihara Sandung milik leluhur mereka yang beragama Kaharingan.
Dalam pandangan Indu Lawit, H. Abdul Rasyid adalah pribadi yang sangat peduli dengan utus Dayak.
“Saya tidak meragukan komitmen Rasyid untuk manggatang utus Dayak, kontribusinya untuk daerah ini (Kalteng.red) sangat banyak” ujar Indu Lawit.
Dijelaskan Indi, bahwa kepedulian Rasyid terhadap masyarakat kecil bisa ditanyakan langsung kepada masyarakat.
“Dengan perusahaan yang dia miliki, dia sudah memberi lapangan pekerjaan untuk ribuan orang, memberikan beasiswa kepada anak-anak Dayak yang ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi menyantuni kaum duafa, fakir miskin, dan yatim piatu sampai bantuan kepada anggota veteran pejuang kemerdekaan RI yang sudah sepuh, dan lain lain”, jelasnya.
Ditambahkan Indu, Kontribusi perusahaannya untuk pendapatan daerah juga sangat berarti dan ini menunjukkan kontribusinya kepada daerah asalnya.
Dirinyapun menyatakan mengenal pemilik PT.SML, BorneoNews dan Palangka Pos ini sejak sama-sama menjadi kontraktor proyek PLG Satu Juta Hektar.
Diceritakann Indu, suatu ketika H. Rasyid pernah berkata kepada dirinya, bahwa dia (H.Rasyid) sangat mencintai utusnya Dayak, sehingga ia bercita-cita untuk membuka lapangan kerja bagi orang Dayak. Dan cita-citanya tersebut terbukti.
“Saat ini beliau sudah menjadi pengusaha Dayak yang terbesar di Kalimantan Tengah,” ungkap Indu Lawit menutup pembicaraannya. (Andre/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)