Konsultasi Publik Pemantapan Rancangan Awal RKPD - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Kawal Rp.72 Triliun Dana Desa TH.2020

KODE ETIK WARTAWAN SUARAKPK

HUT SUARAKPK KE 9 (APRIL 2018)

Hari Pers Nasional 2020

Iklan

11 Februari 2020

Konsultasi Publik Pemantapan Rancangan Awal RKPD

GUNUNG MAS, SUARAKPK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Mas (Gumas) melaksanakan pertemuan bersama Bappedalitbang setempat dalam acara Forum Konsultasi Publik Rancangan RKPD Kalimantan Tengah (Kelteng) tahun 2020. Bertujuan menyempurnakan penjaringan Rancangan Awal RKPD. 

Rapat yang dipimpin, Sekretaris Daerah (Sekda), Yansiterson mengatakan, Forum Konsultasi Publik Awal RKPD Provinsi Kalteng tahun 2021, seperti amanat dari Permendagri, No 86 Tahun 2017 Pasal 80 ayat (1) mengamanahkan bahwa dokumen Ranwal RKPD harus dimusyawarahkan bersama forum.

“Kegiatan ini dimaksudkan supaya pembahasan dan penjaringan aspirasi untuk penyempurnaan Rancangan Awal RKPD Kabupaten Gunung Mas Tahun 2021. Rancangan Awal RKPD ini merupakan awal dari seluruh proses penyusunan rancangan RKPD untuk memberikan paduan kepada semua perangkat daerah (PD) dalam menyusun rancangan renja OPD". Sebut Yansiterson saat membuka kegiatan di aula Bappedalitbang, Selasa (04/02/2020).

Lanjutnya, fungsinya adalah sebagai koridor perencanaan pembangunan daerah dalam kurun waktu satu tahun. Kendati, itu akan  terus disusun menggunakan pendekatan teknokratis dan partisipatif. Sehingga, pembahasan dan singkronisasi program serta sinergi antara prioritas serta lintas instansi. 

“Semacam ini harus ada melalui pembahasan, sinkronisasi dan sinergi antara prioritas pembangunan pada rancangan Renja, PD  dengan usulan Kecamatan hasil baik itu hasil  Musrenbang RKPD Kabupaten di Kecamatan, maka hasil forum ini akan digunakan untuk penyempurnaan Renja OPD Gumas di tahun 2021". Ujar dia.

Sementara itu, Kepala Bappedalitbang Gumas Eligato menjelaskan maksud dari kegiatan tersebut untuk adanya kesepahaman terhadap permasalahan isu strategis daerah. Sehingga dapat disempurnakan dari tujuan sasaran, dan program pembangunan daerah khususnya wilayah Kabupaten setempat. 

“Untuk Peserta forum ini dari kalangan DPRD Kabupaten Gumas, seluruh Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gumas, Lembaga Swadaya Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Tokoh Agama di lingkup di daerah kita, yang tujuannya untuk mendapatkan masukan penting dan saran dalam rangka penyempurnaan terhadap Rancangan Awal RKPD di Gumas tahun 2021 mendatang". Pungkasnya. (nto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komedi