Hari Bakti PU ke 74, DPUPR Kendal Beri Penghargaan Pegawai Teladan - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


KODE ETIK WARTAWAN SUARAKPK

04 Desember 2019

Hari Bakti PU ke 74, DPUPR Kendal Beri Penghargaan Pegawai Teladan


KENDAL, suarakpk.com - Dalam rangka memperingati Hari Bakti Pekerjaan Umum (PU) ke 74 Tahun 2019 Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Kendal kemarin pagi (3/12) menyelenggarakan apel besar dan dilanjutkan dengan pemberian penghargaan bagi para pegawai teladan di halaman gedung PUPR yang disaksikan semua peserta apel yang diikuti oleh semua pegawai DPUPR, UPTD dan pegawai Disperkim dengan tema "Membangun Negeri Untuk Indonesia Maju".
Bertindak sebagai pembina aprel  Ir. H. Sugiono, MT (Kepala DPUPR) dan sebagai pembimbing apel, Hananto Seno, Kabid Tata Tuang.
Dituturkan Kepala DPUPR Kab.Kendal, bahwa pegawai teladan yang mendapatkan penghargaan sesuai SK Kepala DPUPR No. 063/DPUPR Tentang penunjukan Pegawai Teladan Tahun 2019 yaitu Achmad Solikin jabatan pelaksana pada bidang bina marga  Achmad Johan jabatan pelaksana pada bidang cipta karya dan Akhmad Sulistiyono jabatan pelaksana pada UPTD II Weleri. "Kemudian juga memberikan penghargaan bagi tenaga penunjang kegiatan yaitu Lathif Rahmad Santoso jabatan dalam bidang tenaga penunjang sekretariat, Eka Pratiwi Ayuningtyas tenaga penunjang kegiatan bidang pembinaan dan pengendalian serta Suparmanto jabatan tenaga penunjang kegiatan UPTD I Kendal," tutur Sugiono.
Dikatakan Kepala DPUPR Kendal dalam amanahnya di panggung kehormatan di depan peserta upacara apel, dirinya menegaskan bahwa jajaran DPUPR, harus terus berjuang mempertahankan dan melaksanakan kegiatan pembangunan fisik inprastruktur di seluruh wilayah Kabupaten Kendal yang semakin baik dan handal serta bisa melayani masyarakat juga menjaga sinergitas pada seluruh komponen untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kendal.
"Kita tunjukan budaya kerja yang profesional yaitu tepat lokasi, tepat waktu, tepat sasaran dan tepat administrasi serta tepat PPKomnya, Alhamdulillah hampir 100 persen pekerjaan fisik inprastruktur selesai," ungkapnya bersyukur.
Lebih lanjut Sugiono mengatakan hingga kini 140 kegiatan sudah PHO namun baru 20 kegiatan yang sudah dicairkan.
"Mungkin para kontraktor lagi banyak duitnya, karena mereka banyak yang belum mencairkan," ucapnya hingga dapat aplus para peserta apel.
Dalam apel tersebut juga diungkapkan sejarah singkat Hari Bakti Pekerjaan Umum yang mengenang atas dedikasi dan jiwa kejuangan 7 pemuda pegawai pekerjaan umum yang gugur dalam pertempuran melawan penjajah Belanda, peristiwa itu terjadi 3 Desember 1945 di Bandung, tepatnya di gedung Departement Van Verkeer En Waterstaat (sekarang gedung sate Bandung), ke 7 pemuda pegawai PU tersebut ditugasi untuk memelihara dan menjaga keamanan gedung sate, serta kekayaan milik negara yang ada di dalamnya, hari itu 3 Desember 1945 sekitar pukul 11.00 WIB terjadi serangan, penyerbuan dari pasukan Sekutu Belanda dari segala penjuru mendapat perlawanan sengit selama empat jam, akhirnya dari 21 orang pemuda yang melakukan perlawanan hingga bertahan di Gedung Sate itu dan diketahui 7 orang pemuda telah gugur dan dinyatakan hilang, sampai saat ini tidak diketahui makamnya mereka adalah Didi Hadianto Kamarga, Muchtaruddin, Rana, Subengat, Suhodo, Rio Susilo, dan Suryono.
Dengan peristiwa tersrbut, maka pada Tanggal 3 Desember 1951, Menteri Pekerjaan Umum dan Tenaga Kerja waktu itu adalah Ir. Ukar Bratakusuma pada Kabinet Sukiman, memberikan Surat Tanda Penghargaan yang menyatakan menghormati ke 7 pegawai tersebut sebagai "Pemuda yang Berjasa" selain itu juga dibuat Batu Prasasti yang di tempatkan di dinding Hall Gedung Sate Bandung, selanjutnya berdasar SK Menteri Koordinator Departemen Pekerjaan Umum dan Tenaga Kerja No.58/ KPTS/ Menko/ 1965 Tgl. 27 Nopember 1965 menetapkan pada 3 Desember ditetapkan sebagai Hari Bhakti Pekerjaan Umum. (002/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK KE 9 (APRIL 2018)