Bupati Batu Bara Resmikan Kampung Tenun - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

20 Desember 2019

Bupati Batu Bara Resmikan Kampung Tenun



Ketgam Bupati Batu Bara Ir Zahir M. AP saat meresmikan Kampung Tenun Kamis 19/12/2019.

Batu Bara, suarakpk.com - Bupati Batu Bara Ir Zahir M.AP didampingi Ketua PKK Maya Indriasari meresmikan Desa Padang Genting Kecamatan Talawi Kabupaten Batu Bara Sumatera Utara sebagai ‘Kampung Tenun’  Kamis 19/12/2019

“Melihat prospek dan sejarah budaya lokal di Batu Bara, maka saat ini kita merintis pendirian Kampung Tenun, keberadaan Kampung Tenun ini secara perlahan akan menambah dan meningkatkan panghasilan masyarakat,” kata Zahir.

Lanjutnya, Kedepan Desa Padang Genting akan digagas menjadi sentra Tenun Songket Melayu Batu Bara.

Diketahui tambahnya, pada umumnya di Desa Padang Genting, setiap wanita memiliki keterampilan menenun. Proses pembuatannya masih menggunakan alat tradisional dan dikerjakan secara manual,
Masyarakat Kabupaten Batu Bara sadar betul dengan warisan turun temurun sebagai identitas Suku Melayu yang perlu dipertanggungjawabkan dan dilestarikan.

“Disamping Padang Genting, Desa yang berdekatan seperti Desa Mesjid Lama, Tanjung Tiram, Lima Puluh maupun daerah lainnya, ke depan juga akan diplot menjadi Kampung Tenun” ujarnya.

Sementara Plt Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Batu Bara, Margareta Silalahi mengatkan peresmian Kampung Tenun di Desa Padang Genting merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Batu Bara membangun dan menumbuhkan industri kreatif. (muhammad amin) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)