Tenaga Pendidik Harus Mampu Melakukan Transfer Of Knowledge - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

21 November 2019

Tenaga Pendidik Harus Mampu Melakukan Transfer Of Knowledge


Ketgam Plt Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus SE M. Pd (kanan) didampingi dewan Pendidikan Batu Bara Zainal Alwi (kanan)  saat memberikan cendramata berupa kain Songket tanun Batu Bara kepada DR. Darwin M. Pd Kamis 21/11/2019.

Batu Bara,suarakpk.com - Sosialisasi 
peningkatan mutu Pendidikan  dilaksanakan diaula Kantor Dinas Pendidikan Batu Bara Jalan besar Perupuk Dusun V Perupuk  Kecamatan  Lima puluh Pesisir Kabupaten Batu Bara Sumatera Utara Kamis 21/11/2019.

Hadir sebagai narasumber pasca sarjana Unimed DR. Darwin ST M. Pd, Ketua Dewan Pendidikan Batu Bara Zainal Alwi, Plt Kepala Dinas Pendidikan Batu Bara Ilyas Sitorus SE M. Pd, Ketua PGRI, Ketua K3S, Ketua MKKS, Ketua Himpaudi masing masing bersama pengurus, Korwas, Komite Sekolah, Pengawas Sekolah, Penilik, dan Perwakilan Kepala Sekolah SD/MI, SMP/MTs unsur Disdik.

Dalam sambutan Ilyas Sitorus mengharapkan, keberadaan Dewan Pendidikan di-Kabupaten Batu Bara  dapat meningkatkan mutu pendidikan, sejalan dengan itu dapat memberikan pertimbangan dukungan dan sekaligus mengawasi dan mediator bagi kepentingan pendidikan di Batu Bara.

Beliau juga mengatakan, dalam era revolusi industri 4.0, sistem pendidikan nasional dihadapkan pada tantangan yang amat kompleks tetapi menarik, sebagai tenaga pendidik dan kependidikan harus melakukan Transfer of knowledge dan dalam mengelola pendidikan yang akan memberikan kepada peserta didik.

" Kita berubah dari semula menjadi pemberi pengetahuan menjadi mentor, fasilitator, motivator, inspirator, pengembang imajinasi, kreativitas, nilai-nilai karakter, serta team work dan empati sosial karena nilai-nilai itulah yang tidak dapat diajarkan oleh mesin" katanya. 

Pada kesempatan itu, DR Darwin ST M. Pd menuturkan, untuk meningkatkan mutu pendidikan, semua pihak harus terlibat, mulai dari guru, kepala sekokah, orang tua siswa, Bupati, DPRD hingga pemerhati pendidikan, selain itu diperlukan sinergisitas bersama membangun komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan.

"Untuk meningkatkan mutu pendidikan, semua pihak harus terlibat, tak hanya itu, harus ada komitmen bersama, harus ada kemauan yang kuat, tekat yang tinggi, keinginan yang dalam serta menjadi janji diri" kata Wakil Direktur Pascasarjana Universitas Negeri Medan ini.

Darwin juga menjelaskan tentang identifikasi permasalahan pendidikan. diantaranya, permasalahan kesiswaan dan lulusan, tenaga pendidik, tenaga kependidikan, kurikulum, proses pembelajaran, sarana dan prasarana, kelembagaan dan juga  permasalahan pengelolaan.

Ketua Ikatan sarjana manejemen pendidikan (Ismapi) Sumatera Utara ini juga mengatakan, permasalahan pendidikan adalah permasalahan soal kebijakan. dimana belum tersedianya kebijakan Pemerintah Kabupaten/kota tentang pendidikan seperti, Perda pendidikan, Perwal tentang RIP/RPJP dan proyeksi pendidikan 25 tahun kedepan. 

Selain itu Lanjutnya, masih adanya keengganan berorientasi mutu, lemahnya konsistensi implementasi kebijakan pendidikan pusat serta respon terhadap kebijakan pendidikan nasional dan daerah belum maksimal, sebagai akibat lemahnya kualitas sosialisasi dan tidak pernah diukur tingkat pemahaman pelaku pendidikan.

"Untuk itu, mari kita bangun komitmen bersama, kita rencanakan bersama, kita laksanakan bersama, hasilnya kita nikmati bersama dan resikonya kita tanggung bersama, setelah itu mari kita evaluasi diri kita bersama dengan jujur," ujar Darwin.

Dewan pendidikan Batu Bara Zainal Alwi memberikan apresiasi kepada Kadisdik karena menurutnya, sebelum melaksanakan acara yang dimaksud, pihaknya diajak Ilyas untuk berdiskusi. 

" Apalagi kegiatan kali ini melibatkan  semua jenjang pengelola satuan pendidikan ada komite sekolah, ada kepala sekolah, ada pengurus K3S, MKKS, unsur PGRI dan juga pejabat dilingkungan dinas pendidikan, sehingga apa yang kita kerjakan hari ini dan besok hasilnya akan diketahui semua kita untuk bagaimana membangun pendidikan di Batu Bara tanah bertuah ini" ucap Zainal mantan Kadisdik Batu Bara periode 2012 s/d 2013.

" Kegiatan seperti ini sangat kami harapkan dan kami akan dukung setiap program Disdik, semenjak Ilyas menjabat Plt Kadisdik selalu mengajak sekolah untuk lebih baik dan guru guru agar membantu peserta didik dalam menggali dan mengembangkan potensi siswa"
Pungkasnya. (Muhammad amin) 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)