Bupati Zahir Kunjungi Desa UP2K Binaan PKK - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

10 November 2019

Bupati Zahir Kunjungi Desa UP2K Binaan PKK

Ketgam Bupati Zahir saat bercengkerama dengan pembuat makanan jajanan.

Batu Bara,suarakpk.com - Usai mengikuti upacara Hari Pahlawan di Lapangan Bola Kaki Lima Puluh, Bupati Batu Bara Ir H Zahir M.AP didampingi Kadis PMD Radiansyah F Lubis S. Sos, Plt Kadisdik Ilyas Sitorus SE M. Pd dan Camat Limapuluh, Andre, Kepala Desa Sumber Padi Effendi Saragih, Ketua TBUPP Kabupaten Batu Bara, Syaiful Syafri dan Kabag Humas Zamzami serta unsur lainnya mendadak mengunjungi Desa percontohan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) di-Desa Sumber Padi Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batu Bara Sumatera Utara Ahad 10/11/2019

Kunjungan beliau tidak lain untuk melihat inovasi TP PKK Desa Sumber Padi dan Kelompok Masyarakat atas pembuatan Paping blok dari Bank Sampah Plastik yg selama ini menjadi momok yang sulit dihancurkan.

Ketgam Bupati Zahir didampingi Plt Kadisdik Ilyas Sitorus SE M. AP Dan Camat Lima Puluh Andre saat mengunjungi kelompok wanita tani.

Tidak hanya Paping Blok dari Bank Sampah pelastik orang nomor satu di-Kabupaten Batu Bara itu meninjau produksi usaha rumahan yakni pembuatan kursi dari limbah ban
yang dikelola oleh Kelompok Maju Bersama sebagai usaha masyarakat Desa Sumber Padi melalui Gerai Bank Sampah Desa Sumber Padi yang diketuai Darwis Tanjung.

Ketgam Bupati Zahir saat meninjau pembuatan Paling Blok

Usai ditempat yang disebutkan, suami dari Ny Maya Indriasari Zahir dan rombongan melanjutkan kunjungannya ke kelompok usaha jajanan/makanan ringan berupa roti, kue dan sejenisnya yang masih dalam Desa yang sama yang tidak jauh dari lokasi Gerai Bank Sampah.

Pada kesempatan itu,  Zahir memberikan motivasi kepada kelompok-kelompok masyarakat yang dikunjunginya dan  berjanji akan memberikan dukungan untuk pengembangan kelompok usaha masyarakat dan juga mendorong hasil dari kelompok pengrajin yang berupa jajanan atau makanan ringan maupun karya tangan yang menghasilkan paping blok dan lainnya ini nantinya akan dikerjasamakan dengan usaha usaha lainnya yang ada di-Kabupaten Batu Bara seperti indomaret, alfamidi SPBU-SPBU maupun tempat tempat strategis lainnya yang memiliki tempat penitipan penjualan makanan ringan atau jajanan melalui bantuan Dinas terkait.

Selaku pengelola Gerai Bank Sampah Darwis dan pengelola kelompok tani mekarsari Yusniar sama sama merasa bangga atas kunjungan dan perhatian dari pemerintahan Kecamatan Batu Bara. 

Kepada wartawan Yusniar menjelaskan  kelompoknya yang beralamat di Desa Sumber Padi dengan nama Rengginang Kak Ray mempekerjakan 9 orang tenaga kerja rengginang tersebut ada beberapa variasi rasa diantaranya rasa buah naga, pandan, bon cabe, rasa udang, rasa bumbu peyek juga rasa orisinal.

Disamping jenis jajanan tadi Lanjutnya, juga ada singkong, mangleng ( ubi di kukus dan di beri rasa ), kelantik dan opak dengan produksi sehari bisa mencapai 100 kg dan usaha bersama itu dilakoninya sejak tahun 2017.

Merasa senang dikunjungi dengan spontan Yusniar memberikan cendramata makanan ringan seperti kerupuk dan lain-lain namun Zahir tetap meminta ajudannya untuk menitipkan uang sebagai pengganti oleh-oleh yang diberikan kepadanya.(Muhammad amin) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)