TMMD Reguler 106 Kebumen Resmi Ditutup Oleh Kasrem 072/Pmk - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

31 Oktober 2019

TMMD Reguler 106 Kebumen Resmi Ditutup Oleh Kasrem 072/Pmk


KEBUMEN, suarakpk.com - Kepala Staf Korem (Kasrem) 072/Pamungkas Kolonel Kav Puji Setiono resmi  menutup kegiatan TMMD Reguler ke 106 Kodim 0709/Kbm TA. 2019 dengan tema "Melalui TMMD Kita Wujudkan Percepatan Pembangunan Untuk Kesejahteraan Rakyat." Bertindak selaku Komandan Upacara Danramil 21/Rowokele Kapten Czi Saliyo dengan jumlah peserta hadir 1.500 orang bertempat di lapangan Desa Rahayu, Kec. Padureso, Kab. Kebumen. Kamis (31/10/19).
Gelar upacara kali berbeda dengan kegiatan upacara-upacara sebelumnya dengan digelarnya kegiatan tambahan seperti pertunjukan tari dari Sanggar Kreasi Anak Kebumen, peninjauan pasar murah, peninjauan Stand Tumpengan, peninjauan Stand UKM, penandatanganan prasasti dilanjutkan peninjauan hasil sasaran lokasi TMMD Reguler Ke-106 TA. 2019 dan kegiatan transit dan ramah tamah.
Dalam kesempatan tersebut, Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Kav Puji Setiono membacakan sambutan Pangdam IV/Diponegoro, “Sebagai insan yang bertakwa, marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan YME atas segala limpahan rahmat, taufik dan ridho-Nya, kita masih diberikan kekuatan dan kesehatan, sehingga dapat hadir untuk mengikuti upacara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-106 Tahun Anggaran 2019 dengan penuh kebersamaan serta dilandasi semangat gotong-royong.
Operasi Bakti TNI dilaksanakan dalam berbagai wujud yang salah satunya adalah program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). TMMD merupakan program kerja sama yang terpadu dan berkelanjutan antara TNI, Polri, Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) yang mensinergikan program masing-masing instansi untuk membantu meningkatkan percepatan pembangunan di daerah-daerah, sehingga meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat dengan kriteria sasaran berupa daerah pedesaan khususnya daerah yang tergolong tertinggal/miskin, terisolasi/terpencil, daerah perbatasan dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena akibat bencana.
Pada kesempatan yang baik ini saya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang 5 membantu kegiatan TMMD Ke-106 baik secara moril maupun materiil, sehingga dapat terselenggara dengan baik, aman dan lancar sesuai dengan harapan kita bersama.
Kodam IV/Diponegoro 5 Tahun 2019 melaksanakan 3 tahap (Reg 104,105 dan 106), selain melaksanakan TMMD Reguler Kodam IV/Diponegoro juga melaksanakan TMMD Sengkuyung/imbangan dalam pelaksanaannya, baik TMMD reguler maupun sengkuyung secara bersamaan yang dilaksanakan selama 30 Hari, dibuka maupun ditutup secara serentak se Indonesia.
Dalam Kegiatan TMMD tidak hanya sasaran fisik yang dikerjakan, melainkan juga sasaran non fisik yang meliputi penyuluhan bidang kesejahteraan rakyat, kesadaran bernegara, bela negara dan ketertiban masyarakat, kesehatan, hukum, HAM dan lain-lain sesuai kebutuhan daerah sasaran.
Pada TMMD Ke 106 Tahun 2019 ini telah dilaksanakan pembangunan sasaran fisik berupa pembangunan/rehab sarana infrastruktur yang tersebar di berbagai wilayah seluruh Indonesia diantaranya sarana transportasi berupa jalan, jembatan renovasi dan pembangunan rumah ibadah, sekolah, rehabilitasi rumah tidak layak huni serta pembangunan sarana sanitasi.
Pencapaian program sasaran fisik di atas juga diimbangi dengan pencapaian sasaran non fisik berupa penyuluhan bela negara, penyuluhan bahaya Narkoba, penyuluhan Pertanian, penyuluhan Peternakan, penyuluhan Kesehatan dan lain-lain. Pembangunan non fisik ini sangat dibutuhkan dalam rangka membangun danmemperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat dalam menangkal berbagai ancaman disintegrasi bangsa yang dilancarkan melalui maraknya peredaran dan penyalahgunaan Narkoba, aksi terorisme, meningkatnya aksi kriminalitas, serta isu bangkitnya kembali paham komunisme, paham radikalisme, dan lain sebagainya yang semuanya dapat mengancam stabilitas Ketahanan Nasional Indonesia.” katanya.
Lanjut Kasrem, Selama dalam pelaksanaan TMMD reguler untuk anggota Satgas wajib tinggal di rumah rakyat dan ULP dimasak serta dimakan bersama dengan rakyat. (Riyanto/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)