BPS Muna Sosialisasikan Sensus Penduduk Online - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

28 Oktober 2019

BPS Muna Sosialisasikan Sensus Penduduk Online



MUNA, suarakpk.com- Badan Pusat Statistik (BPS) Muna mulai lakukan pendataan melalui sensus penduduk pada tahun 2020 di Muna Barat (Mubar). Walaupun mekanismenya berlangsung pada bulan Februari – Maret 2020 mendatang, namun, mulai sekarang pihak BPS Muna telah lakukan sosialisasi.

Kepala BPS kabupaten Muna, Kadir Pua mengatakan pada sensus penduduk 2020 terdapat perbedaan mendasar dari sensus tahun-tahun sebelumnya. Sebab, pada sensus penduduk 2020 ini, akan menggunakan data dasar dari Disdukcapil Mubar.

"Perbedaannya sensus penduduk 2020 ini, ada disebut sensus mandiri (Sensus Penduduk Online). Kita berharap bagi masyarakat Mubar yang memiliki handphone android kiranya bisa ikut berpartisipasi untuk melakukan sensus mandiri ini,"ungkapnya.

Menurut  Kadir Pua saat berada di Pemda Muna Barat kemarin menjelaskan bahwa  dengan sensus mandiri (Sensus Penduduk Online) ini, masyarakat Mubar dapat melakukan pendaftaran atau mengupdate sendiri kondisi kependudukan dan kondisi perumahannya masing-masing.

“Jadi kalau kita mendaftar lewat sensus mandiri, nanti akan ada kiriman ‘sms’ balasan dari proveider. Dan tentunya, kita bisa membalas dan bersedia melakukan sensus mandiri. Dan ini dapat membantu buat kita untuk melakukan komunikasi melalui online", tuturnya.

Karena itu pihaknya menargetkan masyarakat yang bisa menerapkan sensus mandiri itu sekitar delapan persen (1750 KK) dari 22 ribu kepala keluarga (KK) yang ada di Mubar.

“Kita berharap kepada masyarakat Mubar dapat menerima petugas dari BPS untuk melakukan sensus penduduk dan memberikan jawaban yang benar setiap pertanyaan dari petugas sensus. Kami berharap semoga kita dapat mensukseskan sensus penduduk tahun 2020 mendatang", tutupnya. (Randy Yaddi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)