Mantan Sekdes Polobugo : Yang Suka Bakar-Bakar Orang Pedalaman - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

19 September 2019

Mantan Sekdes Polobugo : Yang Suka Bakar-Bakar Orang Pedalaman


SALATIGA, suarakpk.com - Kebakaran hutan di kalimantan, terus mendapat tanggapan berbagai kalangan, termasuk mantan Sekretaris Desa Polobugo, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Grahito. Dirinya menuding orang pedalaman Kalimantan sebagai penyebab kebakaran hutan di Kalimantan.
"Aku lama di kalimantan, yang suka bakar-bakar orang pedalaman, yang bercocok tanam pindah, dari hutan yang satu ke tempat yang lain," tutur Grahito, melalui pesan WhatsAppnya ke redaksi suarakpk.com, Rabu (18/9).
Menurut Grahito, bahwa apa yang disampai Chanee dalam videonya, terkait pembuatan kanal-kanal baru merupakan hal yang bagus.
"Justru dengan adanya kanal-kanal menghambat atau memperlebar luas kebakaran malah bagus," ucapnya.
Lebih lanjut Grahito menjelaskan jika yang dimaksud orang pedalaman itu bukan hanya warga asli Kalimantan.
"Jangan salah tafsir dulu, orang pedalaman itu ada juga yang dari jawa,.. transmigran juga ada, untuk buka lahan tanam padi atau lainnya," jelas Grahito.
Hal tersebut disampaikan oleh Grahito dalam menanggapi atas viralnya video Chanee seorang Warga Eropa yang sudah menetap di Palangkaraya selama 17 tahun dan sudah menjadi warga negara Indonesia.
Dalam video yang viral tersebut, Chanee mengirimkan pesan protes kepada Presiden Jokowi, dirinya mengaku marah karena kebakaran hutan dibuat demi industri minyak kelapa sawit.
"Saya marah bukan hanya anaknya terkena ispa seperti ratusan anak lain, saya marah tidak hanya ribuan orang sesak nafas dan menangis sambil berdoa dapat melihat matahari lagi, saya marah tidak hanya karena alam dan hutan kalimantan dihancurkan," terangnya dalam video tersebut.
Dijelaskannya, dirinya marah karena semua penderitaan tersebut dibuat demi industri minyak kelapa sawit.
"Keputusan pemerintah sebelumnya, dan keputusan pemerintah sekarang dengan sengaja menimbulkan masalah ini setiap tahun, dan diperparah tahun ini," kata Chanee.
Saat Presiden mengambil keputusan untuk membuat kanal-kanal baru di kalimantan tengah, lanjut Chanee, justru membuat situasi semakin parah.
"Kanal-kanal yang dibikin sesuai perintah bapak, akan mengering hutan dan akan memastikan, lahan akan semakin gampang untuk dibakar," ucapnya.
Dirinya marah, tetapi tidak hanya sebagai aktifis lingkungan, dirinya marah sebagai ayah, suami dan seseorang yang sungguh mencintai negeri ini.
"Pelan-pelan kesehatan kami dicuri oleh oknum yang menimbulkan situasi ini, apakah ini yang diinginkan oleh bapak demi industri kelapa sawit?" tutup Chanee dalam videonya.

Hingga berita ini diturunkan, peristiwa kebakaran hutan masih menjadi perhatian pemerintah, dan dikabarkan, untuk kebakaran di Sumatera juga sudah mulai berdampak di Kabupaten Batu Bara Sumatera Utara. (001/red)

Lihat Video Viral Chanee :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)