KABUT ASAP MERAJALELA, KAPOLRES PERINTAHKAN PERSONEL TURUN KE LAPANGAN - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

05 September 2019

KABUT ASAP MERAJALELA, KAPOLRES PERINTAHKAN PERSONEL TURUN KE LAPANGAN

PALANGKA RAYA, suarakpk.com - Setelah dua mingguan tak di guyur hujan kondisi udara di Palangka Raya semakin memburuk. Seperti hari ini Kamis, (5/9/2019) pukul 09.00 WIB jarak pandang di wilayah Kota Palangka Raya semakin pendek di kisaran 400 – 800 meter. 

Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul RK Siregar, S.I.K., M.Si. mengatakan bahwa kebakaran lahan di wilayah Kota Palangka Raya kembali marak di hari-hari terakhir ini selain karena cuaca panas dan kering juga di akibatkan maraknya warga yang melakukan pembakaran lahan. “Kita telah perintahkan personel baik di Polres maupun di Polsek jajaran untuk terus melakukan tindakan preventif dengan melakukan sosialisasi bahaya Karhutla, melakukan pemadaman api yang membakar lahan di wilayah masing-masing dengan bekerja sama dengan TNI, BNPB, Manggala Agni dan masyarakat.”

“Kita juga terus melakukan penegakan hukum terhadap pelaku pembakar lahan dan terus melakukan penyelidikan terhadap kebakaran lahan baru. Saya telah perintahkan untuk tidak segan-segan dalam melakukan penegakan hukum. Bila cukup bukti melakukan pembakaran lahan langsung lakukan penahanan,” ucap Kapolres.

Berdasarkan data jarak pandang jarak pandang saat berita ini dilansir antara 400-800 meter (berasap). Angin dari barat daya dengan kecepatan 2.0 knot (1 m/dtk ~ slow) sehingga ada beberapa penerbangan menuju Palangka Raya harus delay atau mendarat di bandar udara terdekat.

Sementara dalam upaya mencegah semakin meluasnya kebakaran Kapolres Palangka Raya memerintahkan seluruh Bhabinkamtibmas untuk terus melakukan patroli di wilayah binaanya, mendata pemilik lahan yang terbakar untuk mempermudah penyelidikan oleh Satuan Reserse dan mengajak seluruh komponen masyarakat yang menjadi binaanya.

“Kita akan lakukan segala upaya agar kebakaran lahan bisa kita minimalisir agar asap akan segera hilang. Saya juga mengajak seluruh masyarakat Kota Palangka Raya untuk sama - sama berdoa agar hujan segera turun,” tutupnya(ryt).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)