DUGAAN MANIPULASI PENJARINGAN / PENERIMAAN PERANGKAT DESA KENEP KECAMATAN BEJI PASURUAN - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

28 Januari 2019

DUGAAN MANIPULASI PENJARINGAN / PENERIMAAN PERANGKAT DESA KENEP KECAMATAN BEJI PASURUAN



PASURUAN,SUARAKPK.COM -Penerimaan atau penjaringan perangkat Desa Kenep Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan Jawa Timur  dimulai tgl 12 November sampai dengan 17 November 2018 dengan 3 formasi lowongan yaitu Sekretaris Desa, Kaur Perencanaan dan Kepala Wilayah. Dr. Ugik Setiyo Darmoko M.kes terpilih sebagai Ketua Panitia Penerimaan Penjaringan Perangkat Desa.

Pada proses pelaksanaan pendaftaran panitia menerima berkas pendaftar sejumlah 16 peserta, tahapan berikutnya panitia melakukan verifikasi data peserta dan semuanya lolos dan layak untuk mengikuti tahapan berikutnya.

Pada pelaksanaan penjaringan perangkat Desa Kenep  panitia berkerjasama dengan Pihak Ke Tiga yaitu STAIPANA Bangil sebagai pembuat soal ujian yang diketuai oleh bpk Samiudin. Samiudin merupakan mantan anggota DPRD Kab Pasuruan menjabat sebagai Ketua Komite SMA N 1 bangil dan Guru Besar di STAIPANA Bangil.

Bapak Samiudin mengatakan dalam forum terbuka bahwa kerjasama antara STAIPANA dan Panitia Penerimaan Perangkat Desa Kenep berjalan hanya 2 hari sebelum pelaksanaan tes, sehingga bpk samiudin bekerja lembur sampai larut malam dalam membuat soal dan jawaban tes seperti yang dituturkan bapak samiudin ke suarakpk dikantor desa kenep.

Berdasarkan investigasi tim suarakpk ke peserta penerimaan perangkat Desa Sidowayah dalam Bulan Nopember 2018 diketahui bahwa ketua pembuat soal ujian penjaringan perangkat desa sidowayah desa tetangga yang berbatasan langsung dengan desa kenep kecamatan beji kab pasuruan yakni Bapak Samiudin. sehingga lebih dari 70 persen soal penjaringan penerimaan perangkat didesa sidowayah sama persis yang diujikan di desa kenep.

Pada tanggal 11 desember 2018 seluruh peserta dikumpulkan untuk mendapatkan petunjuk dan informasi dari pihak ke 3 pembuat soal yaitu bapak samiudin menyaksikan penyegelan soal ujian dengan cara dilakban/solasi dan dibungkus kresek warna merah  dan dititipkan panitia kepada BABIMKAMTIMAS  desa Kenep dari Polsek Beji  bpk urip .

Pada waktu pelaksanaan tes penjaringan, tanggal 12 desember 2018 di Gedung SDN Kenep ditemukan bungkus soal yang sudah dilakban/ solasi sudah dalam keadaan robek dan sangat mencurigakan. Akan tetapi pelaksanaan tes tetap dilanjutkan. Jumlah Laptop yang tersedia tidak mencukupi jumlah peserta test.

Terjadi perdebatan antara Panitia dan peserta yang merasa kecewa terhadap proses pelaksanaan, tidak terjadwalnya kegiatan pelaksanaan test dari awal hingga akhir menyebabkan para peserta kalang kabut. semua perdebatan disanggah oleh saudara Muhammad Efendi seolah-olah dia sudah pasti terpilih sebagai calon Sekretaris Desa.

Pengumuman hasil tes penjaringam perangkat Desa Kenep dilaksanakan pada tanggal  13 desember 2018 dengan peserta terpilih 1.Muhammad efendi  sebagai Sekretaris Desa,  2. Puji Astutik sebagai Kaur Perencanaan dan 3. Susanto terpilih sebagai Kepala Wilayah.  


Para peserta yang tidak lolos dalam tes melakukan protes kepada panitia, semua sudah diskenario oleh panitia ujar salah satu peserta. (arif) 
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)