Kirab Budaya HUT Kabupaten Semarang ke 503 , Kecamatan Bawen Tampilkan Kesenian Kendali Sodo & Bibit Pisang Bawen - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

29 April 2024

Kirab Budaya HUT Kabupaten Semarang ke 503 , Kecamatan Bawen Tampilkan Kesenian Kendali Sodo & Bibit Pisang Bawen


Suarakpk.com-Ungaran

Pemkab Kab Semarang dan segenap unsur masyarakat menggelar Kirab budaya dalam rangka menyambut HUT Kabupaten Semarang ke 505  pada hari Minggu tanggal ( 28 /4/2024 ) .

Kirab mengambil start dari Alun-alun Bungkarno Kalirejo Ungaran, dan finish didepan pendopo rumah dinas Bupati Semarang dengan menempuh jarak sekitar tiga kilometer.

Bupati Semarang Ngesti Nugraha bersama Wakil Bupati menaiki kereta kuda memimpin arak-arakan.Ikut serta Kapolres Semarang Achmad Oka Mahendra dan Anggota Forkompinda lainnya serta pimpinan OPD yang ikut menaiki kereta kuda berjalan beriringan.

Dibelakangnya diikuti pasukan pembawa bendera merah putih,juga diikut diarak beberapa pusaka berupa keris dan tombak peninggalan leluhur Kabupaten Semarang.

Ada pula pasukan Bregada Patang puluhan dari Kecamatan Banyu biru yang mengkawal dan ada juga gunungan besar berisi hasil bumi yang menggambarkan kesuburan dan kemakmuran Kabupaten Semarang.

Sepanjang rute kirab, Bupati dan Wakil Bupati menyapa dan menyalamibratusan warga yang menyambut dengan antusias,tak hanya itu,Bupati juga tak canggung menyempatkan menari bersama salah satu kelompok kesenian.

Bupati Semarang Ngesti Nugraha,S.H,M.H  mengatakan ada 53 kelompok peserta yang mengikuti kirab diantaranya ada peserta dari SD,SMP, SMA yang menampilkan  aneka atraksi dan drum band serta Bregada Bumi Merti Bumi Serasi  dari perwakilan kelompok 19 Kecamatan Se Kabupaten Semarang.L

Ngesti Nugraha berharap pelaksanaan kirab budaya ini dapat melestarikan seni budaya secara bersama-sama." 

"Ini harus terus kita lestarikan sebagai upaya mempersatukan anak-anak bangsa, seni budaya jangan sampai luntur karena pengaruh kesenian luar negeri," Unggapnya.

Bregada Merti Bumi Serasi Kecamatan Bawen ikut memeriahkan kirab budaya HUT ke 593 Kab Semarang dengan menampilkan kesenian cerita legendaris Kendali sodo yang dipimpin langsung oleh Camat Bawen.

Camat Bawen Dewanto Leksono W,S.STP, M.M mengatakan bahwa kecamatan Bawen menampilkan kesenian Kendalisodo yang menceritakan gunung Kendalisodo dengan sosok pewayangan  Anoman,Rahwana dan Dewi Shinta yang dikolaborasikan dengan kesenian lokal kuda lumping.


Dalam kesempatan Kirab budaya tersebut Camat Bawen  menyerahkan bibit  tanaman pisang  Bawen kepada Bupati Semarang dengan tujuan untuk mengenalkan tanaman pisang Bawen kepada seluruh masyarakat,bahwa di Kecamatan ada potensi tanaman yang dapat dikembangkan  dan dipasarkan sebagai produk hasil  pertanian sehingga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Harapan saya kedepan dengan tampil mengikuti Kirab budaya,semua potensi kesenian , budaya dan potensi produk pertanian yang ada dimasyarakat Bawen  bisa terangkat dan dan dikenal oleh masyarakat luas di kabupaten Semarang dan di Indonesia,"ungkap Dewanto Leksono.( Endar W/ Redaksi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)