Nguri-Nguri Budaya, BG3 Bersama YTBI Kenalkan Adat Bagelen - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

12 September 2021

Nguri-Nguri Budaya, BG3 Bersama YTBI Kenalkan Adat Bagelen

 

PURWOREJO, suarakpk.com – Dalam upaya nguri-nguri budaya Trah Bagelenan Indonesia melalui pengenalan adat istiadat bagelen, cara pemakaian ikat kepala bagelen, siang tadi, Sabtu (11/09/2021), Bintang Gajah Gajah Group (BG3) bekerjasama dengan Yayasan Trah Bagelen Indonesia mengelar dialog Bagelenan yang diselenggarakan di Sekretariat Yayasan Trah Bagelen di Desa Kalirejo, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Selain dialog bagelenan, sekaligus digelar kegiatan deklarasi yayasan trah bagelen indonesia, dan memberikan santunan kepada anak yatim piatu dan alat listrik kepada perwakilan dari beberapa desa di Kecamatan Bagelen.

Ketua Yayasan Trah Bagelen Indonesia, Subagyo menuturkan, bahwa tujuan diadakanya kegiatan tersebut, diharapkan menjadi wadah teman-teman dan semua trah bagelen, yang satu misi untuk membangun dan nguri-nguri budaya Trah Bagelenan Indonesia.

"Tentu saja program-program kita, ke,depan akan selalu sinergi dengan program-program pemerintah dan tidak meninggalkan adat istiadat, serta sejarah bagelenan, untuk yang jadi program prioritas ke depan yaitu sosial, ekonomi, budaya dan pariwisata," tuturnya.

Dikatakan Subagyo bahwa yayasan Trah Bagelen Indonesia sebagai wadah secara legalitas dan sebagai rumah aspirasi, rumah berkarya warga trah bagelen.

"Kita juga terbuka untuk semua komunitas yang ada di purworejo, apabila ingin mengadakan acara diskusi budaya dan sebagainya," katanya.

Sementara itu, Pembina Bintang Gajah Gajah Group (BG3), Muh Edi Suryanto atau yang akrab disapa Kyai Merah, menjelaskan, bahwa BG3 sebagai wadah kepemudaan, sehingga para pemuda harus tahu sejarah, tahu budaya sebagai penyemangat hidup untuk diteladani.

"Kedepan mungkin kita akan mengadakan lagi acara seperti ini, dengan diikuti oleh lebih banyak lagi dari para pemuda, karena pemuda di Purworejo banyak yang berbakat, pinter-pinter, tentunya dengan bimbingan poro sepuh," jelasnya.

Di sisi lain, Kabid Kebudayaan pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Purworejo, Agung Pranoto mengaku, dirinya sangat menyambut baik adanya kegiatan tersebut, dikatakannya, hal ini dapat membangkitkan kesadaran semua warga purworejo terkait sejarah bagelen.

"Harapan kita nanti, dengan adanya kegiatan ini, bisa memperkuat khasanah sejarah dan berujung pada kecintaan terhadap daerah kita, negeri kita, tanah air kita. Setiap sejarah pasti memiliki sisi positif dan masyarakat bisa mengadopsi itu untuk menjadi semangat dalam membangun purworejo ini," katanya.

Menanggapi kegiatan tersebut, masih dilokasi acara, Dandim 0708/Purworejo, Letkol Inf. Lukman Hakim, mengapresiasi kegiatan Peduli Budaya, dirinya menandaskan, bahwa kegiatan seperti itu harus dilakukan, menurutnya Pancasila diambilkan dari nilai luhur budaya bangsa indonesia.

 

"Dengan kita nguri-nguri budaya, sebenarnya kita sudah melaksanakan dalam nilai-nilai Pancasila, yang sekarang ini mungkin mulai agak ditinggalkan oleh generasi muda kita,” pungkasnya. (Bowo/Parman/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)