Sebanyak 187 Peserta Perebutkan 67 Lowongan Perangkat Desa di Kecamatan Gabus - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad



 

Direktur PT Isna Mandiri Media


 

03 Juni 2021

Sebanyak 187 Peserta Perebutkan 67 Lowongan Perangkat Desa di Kecamatan Gabus

(foto : Camat Gabus Gogot Trikoyo, S. Sos.)


Grobogan, suarakpk.com - Ujian tertulis pengadaan perangkat desa di Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan direncanakan hari Senin (07/06/2021) dan diikuti sebanyak 187 orang  dari 13 desa dan memperebutkan 67 lowongan perangkat dari (Kadus, Kasi dan Kaur desa).

 

Di Kecamatan Gabus ada 14 desa dan yang tidak mengadakan penyaringan perangkat desa cuma 1 yaitu desa Karangrejo, karena semua posisi Sekdes, Kadus Kaur cukup, sehingga tidak mengadakan penyaringan perangkat desa. Hal ini dikatakan Camat Gabus Gogot Trikoyo, S. Sos, kepada awak media suarakpk saat menemui di ruang kerjanya, Rabu (02/06/2921) Ia menambahkan bahwa pelaksanaan ujian penyaringan perangkat desa di Kecamatan Gabus sebanyak 13 desa dengan jumlah peserta sebanyak 187 orang dan memperebutkan lowongan Kadus, Kasi dan Kaur sebanyak 67 posisi, dari ke 13 desa telah menujuk pihak ke tiga (UNY) Universitas Negeri Yogyakarta untuk mengadakan tes tertulis, pembuatan soal ujian, koreksi hasil ujian, penilaian soal ujian dilakukan oleh pihak ketiga. Sedangkan hasil ujian tersebut akan diserahkan kepada Panita desa untuk di umumkan hari itu juga.


Yang memperoleh nilai 60 keatas adalah mereka yang lulus, dan akan di ranking berdasarkan urutan nilai tertinggi, yang selanjutnya nanti oleh Kepala Desa akan dikonsultasikan kepada Camat utuk mendapatkan rekomendasi bagi calon yang lulus dan memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai perangkat desa sesuai dengan  ketentuan yang ada.

 

Nantinya pelaksanaan ujian penyaringan perangkat desa yang dilaksanakan oleh panitia desa, juga akan hadir Kepala Desa, Panitia Pengawas Kecamatan untuk mengawal dan mengawasi pelaksanaan tes tertulis ini termasuk pihak keamanan dari Polsek Gabus, Polres Grobogan dan Koramil 11/Sulursari, Satpol PP juga akan ikut hadir untuk menjaga keamanan dilokasi yaitu di SMAN 1 Gabus. 

 

Camat Gabus Gogot Trikoyo, S.Sos juga menambahkan, pelaksanaan ujian penyaringan Kepala Desa agar dilaksanakan secara jujur, transparan dan berpedoman pada aturan yang berlaku yaitu Perda Kabupaten Grobogan No 07 Tahun 2016, tentang perangkat desa.
Yang telah diubah dengan Perda No 05 Tahun 2018 tentang petunjuk pelaksanaannya, dan juga berpedoman pada peraturan Bupati No 18 Tahun 2017.

 

Persaratan untuk menjadi peserta calon perangkat desa ialah Ijasah minimal SLTA sederajat dan diakui negara, KTP WNI, Akte lahir, SKCK dari kepolisian, surat bebas narkoba, surat sehat jasmani dan rohani dari rumah sakit, mempunyai ijasah keahlian computer, foto diri peserta  4 x 6, disertai legalisir semua dokumen yang Sah dan diakui negara. Serta bagi peserta dari pegawai honorer desa menambahkan dokumen berupa surat salinan putusan  pengangkatan yang bersangkutan, surat pernyataan melaksanakan tugas sebagai pegawai desa sampai dengan masa pendaftaran secara tidak putus yang diketahui oleh Kepala Desa, surat keterangan masa pengabdian yang dikeluarkan oleh Kepala Desa.

 

Saat ditanya dengan pelaksanaan tes penyaringan prangkat desa secara serentak di wilayah Kabupaten Grobogan, Gogot trikoyo sangat mengharapkan pelaksanaan ujian tertulis nanti bisa berjalan aman lancar dan kondusif, dan bagi yang lolos jangan jumowo, besar kepala dan yang tidak lolos bisa menerima hasil ujian tertulis dan tetep menjaga kondusifitas di desa masing masing, karena dari pihak panitia yang ada sudah melaksanakan ujian penyaringan perangkat desa dilaksanakan dengan jujur, transparan dan berpedoman dengan aturan yang ada, jelasnya.


Kepala Desa Sulursari, Saliyo saat dikonfirmasi di Kantor Desa juga sangat berharap kepada semua peserta yang mengikuti ujian penjaringan perangkat dari desa se Kecamatan Gabus tetep menjaga kondusifitas wilayah dan semoga pelaksanaan ujian nanti bisa berjalan aman, lancar, berhasil dengan baik, sesuai harapan bersama - sama, jelas Saliyo. (Dwi/gutomo-red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)