Bupati Gumas Ikuti Suntik Vaksin Tahap II - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

16 Februari 2021

Bupati Gumas Ikuti Suntik Vaksin Tahap II

FOTO : Bupati Gumas, Jaya Samaya Monong ketika menerima suntikan vaksin Covid-19 tahap kedua.


GUNUNG MAS, suarakpk.com - Bupati Gumas Jaya Samaya Monong bersama Forum Koordinasi Pimpinan Dearah (Forkopimda) setempat mengikuti pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap II, bertempat di Puskesmas Tampang Tumbang Anjir, Senin (15/02/2021).


Vaksinasi Covid-19 tahap II ini diberikan kepada Bupati, Kapolres AKBP Rudi Asriman, Ketua Pengadilan Agama Kuala Kurun M Misbachul Anam, serta tenaga kesehatan lainnya.


Tujuan dilakukan vaksinasi tahap ke II ini berfungsi untuk menguatkan respon imunisasi yang telah terbentuk sebelumnya. Antibody baru akan optimal 14-28 hari setelah suntikan kedua dilakukan.


Jaya Samaya Monong menuturkan, sesuai dengan ketentuan dan proses yang dilaksanakan, apa yang diatur oleh Kementerian Kesehatan semuanya berjalan dengan baik dan lancar.


“Setelah 30 menit yang lalu kami menerima vaksinasi yang kedua, saya rasa sampai sekarang tidak ada efek samping dan gejala-gejala lain. Saya menyampaikan kepada masyarakat Kabupaten Gunung Mas supaya tetap menjaga protokol kesehatan, karena proses vaksinasi ini tetap berjalan terus sampai kepada masyarakat juga". Ungkap Jaya Samaya Monong.


Sebab selama pandemi Covid-19 semua tetap menggunakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun, serta menjaga jarak menghindari kerumunan. Antibodi baru akan optimal 14-28 hari setelah suntikan kedua dilakukan.


Ditempat yang sama Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas dr. Maria Efianti menerangkan, sehubungan telah dilaksanakan Kick Off Vaksinasi Covid-19 tahap ke-I pada tanggal 1 Februari 2021. Diikuti oleh pejabat Kabupaten Gumas dan beberapa tenaga kesehatan di Puskesmas dan jaringannya termasuk Rumah Sakit.


Dr Maria mengakui, sampai saat ini vaksin Covid-19 sudah terdistribusi di 17 Puskesmas dan Rumah Sakit di wilayah Kabupaten Gumas, terakhir cek data sekitar 75,86 hampir 76 persen Tenaga Kesehatan di Kabupaten Gumas sudah divaksin.


"Sampai minggu ke tiga atau akhir Februari, seluruh tenaga kesehatan target itu sudah dicapai sehingga kita akan masuk pada target atau tahapan berikutnya". Ungkap dr Maria Efianti.


Terkait penyimpanan vaksinasi di puskesmas untuk minimal suhunya berkisar 2-8 derajat celsius, untuk di Kabupaten Gumas di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan kapasitasnya mencukupi.


Kemudian Puskesmas digunakan bervariasi, untuk listriknya satu kali dua puluh empat jam digunakan revigrator dengan sumber daya energi dari listrik. Untuk jaringan listriknya beberapa jam atau bahkan tidak ada listrik kita pergunakan peralatan yang dinamakan sumber daya energi solarsel, atau konversi ke bahan bakar gas ini sudah dilakukan ke beberapa Puskesmas. Jumlah Tenaga Kesehatan yang sudah divaksinasi sekitar 660 tenaga kesehatan. (hms/nto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)