Rumah Makan Rakyat (RMR) Di Tengah Pandemi - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

24 Januari 2021

Rumah Makan Rakyat (RMR) Di Tengah Pandemi


( Ketgam : Rumah Makan Rakyat / RMR )

GROBOGANsuarakpk.com - Berlokasi di Jalan  dr. Sutomo, Komplek Ruko Depan Rumah Sakit Islam (RSI) Purwodadi, Kabupaten Grobogan Jawa tengah. Terjadi pemandangan yang tidak seperti biasanya pada waktu pagi hari.


Ramainya pengunjung membuat  masyarakat yang melintas di jalan raya kawasan  timur Simpang Lima Purwodadi itu menjadi bertanya - tanya, karena lokasi itu memang merupakan Kawasan Taman Kota dan pusat kuliner jajanan rakyat, Kota Purwodadi Grobogan. Ternyata di lokasi tersebut ada sebuah Stand rumah makan gratis dengan nama  Rumah Makan Rakyat ( RMR ). Identik  dengan namanya rumah makan tersebut menyediakan menu sarapan pagi yang disajikan secara gratis bagi rakyat  segala kalangan, lapisan masyarakat tanpa terkecuali. Minggu pagi (24/01/ 2021). 

Pengunjung sangat ramai  memenuhi lapak jajanan gratis itu, dengan fasilitasi bernuansa rileks berupa lesehan. Para relawan dengan ramah dan santun bahu membahu melayani pengunjung dengan wajah penuh senyum keikhlasan suka cita.


Sesekali pihak pengelola selalu memperingatkan para  pengunjung untuk senantiasa menjaga protokol kesehatan dengan cara mencuci tangan sebelum masuk, memakai masker dan menjaga jarak ketika di area rumah makan. Salah satu Pengurus Rumah Makan Rakyat (RMR) Warsito ( 48 ) warga Jetis RT 04 RW 17 Kelurahan Purwodadi ketika menuturkan, bahwa keberadaan Stand Rumah Makan Rakyat gratis tesebut ada sejak 4 bulan terakhir, dengan dilandasi misi sosial yaitu ingin berbagi sesama, semua tenaga serta bahan baku pangan sudah kami telah didukung dari beberapa penyandang dana tetap dan pihaknya juga menerima sumbangan  dari para donatur dan untuk tenaga  relawan yang bersedia membantu.


Para relawan silih berganti dengan  diatur secara bergiliran terjadwal sehingga menjamin kelangsungan pelaksanaan hariannya. Rumah makan ini pada  awalnya berlokasi di sebuah perkampungan masuk gang sehingga belum begitu dikenal oleh kalangan masyarakat luas dan  akhirnya  pihaknya berinisiatif untuk pindah di jalan raya dengan menempati Ruko dan Rumah Makan Sumber  Agung milik salah satu warga bernama Mahmud Rosidi ( 51) warga Palembahan RT 03 RW 08 Kelurahan Kalongan, kecamatan Purwodadi, tuturnya.


Sang Pemilik ruko Mahmud Rosidi (51) juga menjelaskan, bahwa pihaknya mengijinkan kepada pihak penyelenggara untuk memakai stan usaha miliknya secara suka rela dan tidak dipungut biaya sewa,jelas Mahmud. 


Menurut informasi dari berbagai sumber, keberadaan Rumah Makan Rakyat tersebut sangat membantu bagi warga masyarakat yang membutuhkan disaat masa pandemi Covid-19 yang belum kunjung berakhir ini.


Salah satu pengunjung yang berprofesi jadi pemulung Sudarmaji (53) warga Jangkung Harjo RT 02 RW 03 Kelurahan Jangkung Harjo  menuturkan, 


"saya sangat berterima kasih mas, dengan adanya warung makan gratis ini saya sangat terbantu," tuturnya. 


Lebih lanjut Pengurus menyampaikan, mempersilahkan bagi warga masyarakat untuk datang dan menikmati hidangan sarapan pagi di Rumah Makan Rakyat gratis bagi rakyat dengan jam kunjung dari jam 06.30 - 08.30 wib setiap hari, semoga Rumah Makan Rakyat gratis ini bermanfaat bagi kepedulian sesama,berharap kedepan tidak saja menyediakan menu makan pagi saja tetapi juga berencana buka 24 jam, harap pengurus. 

( Hari/red )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)